Sejarah Pembiakan Golden Retriever

lord-tweedmouthKonon, orang pertama yang menemukan ras golden retriever adalah Lord Tweedmouth yang tinggal bersama keluarganya di Brook House, Park Lane London.

Sebagai penggemar olah raga berburu, Lord Tweedmouth mendambakan seekor anjing pendamping yang akan menemaninya ketika sedang berburu.

Saat itu ia mendapat hadiah Nous, sejenis anjing Yellow retriever dan sebelumnya ia sudah memiliki Belle yang berjenis water spaniel. Konon, sosok tubuh dan ukuran Belle mirip anjing jenis retriever berbulu merah hati. Kemudian Belle dikawinkan dengan Nous untuk mendapatkan anjing baru yang pintar berburu. Perkawinan tersebut menghasilkan 3 anak anjing berbulu kuning, yang menjadi cikal bakal lahirnya golden retriever. Perkawinan silang tersebut dilakukan sekitar tahun 1889-1890 sebelum Lord Tweemouth meninggal tahun 1894.

Disebut golden karna bulunya senantiasa terlihat berwarna keemasan bila diterpa sinar. Sebagai teman berburu, Golden Retriever bertugas mengambil dan menyerahkan hasil tangkapan kepada tuannya secara utuh. Kemampuan inilah yang menyebabkan anjing ini disebut retriever. Perpaduan warna bulu dan keahlian inilah yang membuat anjing ini terkenal dengan sebutan Golden Retriever.

Setelah 10 tahun Lord Tweedmouth meninggal, pembiakan golden retriever dilanjutkan oleh Lord Hrcourth, pemilik Culham Kennel pada tahun 1904. Ia pun mulai membiakkannya dari dua anakan yang dibawanya saat berkunjung ke Kerrow House. Golden retriever berkembang di Amerika Serikat berkat jasa Lady Penthand, salah satu anggota keluarga Lord Tweedmouth. Lady membawa seekor golden retriever betina dan melahirkan anaknya di Amerika Utara pada tahun 1890. Anjing inilah yang pertama lahir di luar negara asalnya. Sejak itu Golden Retriever dikenal dan dikembangkan di Amerika Serikat dan Canada.

Namun, meskipun golden retriever berasal dari Skotlandia, sebagian orang beranggapan bahwa asal asul anjing ini dari Rusia. Di sana terdapat sejenis anjing yang dikenal dengan sebutan Russian sheep dog yang sering dipakai sebagai hewan sirkus keliling. Oleh karna itu, wajar bila sebagian masyarakat di sana menganggap anjing ini sebagai induk golden retriever. Ada pula yang menduga golden retriever masih satu nenek moyang dengan Labrador retriever. Sehingga menganggap anjing ini berasal dari Amerika Serikat.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *