Sejarah Anjing Papillon

Diyakini asal mula anjing Papillon berasal dari Perancis. Papillon dipercaya sebagai salah satu keturunan trah anjing toy yang tertua  dari Eropa kontinental dan merupakan trah favorit di mahkamah Perancis. Pemilik anjing ini yang paling terkenal adalah Pangeran Henry III. Bahkan dia meresmikan Papillon sebagai anjing agung kerajaan semasa dia menjabat. Pemilik terkenal lainnya adalah Marie Antoinette, dan Madame de Pompadour.

Bukti lain bahwa anjing kecil ini menjadi favorit sebagian besar kerajaan Perancis pada masa Old Masters adalah ditemukannya banyak foto Pappilon dalam Old Master Royal sejak awal abad ke 16, sebagai Continental Toy Spaniel. Dan ada cerita, jika Marie Antoinette pernah berjalan menuju “guillotine” dengan memeluk anjing kecilnya. Konon anjing kecilnya itu adalah Pappilon yang telah dibawa ke kerajaan Perancis dari Spanyol yang dibawa di atas punggung keledai. Konon anjing tersebut dipelihara dan di rawat di sebuah gedung di Paris yang disebut dengan Papillon House. Spaniel kecil Marie dikatakan sebagai keturunan dari trah anjing bertelinga jatuh yang sangat tua yang dikenal sebagai Epagneul Nain Continental atau Continental Dwarf atau Toy Spaniel yang mulai diperlihatkan di gereja frescos dalam lukisan abad  ke 13 lalu.

Ada versi cerita tentang keragaman bentuk telinga Papillon yang berdiri tegal lurus dan yang turun atau menjuntai. Di akhir abad 19, para penggemar trah Phalene mulai menernakan seekor anjing spaniel dengan versi telinga yang berdiri tegak lurus. Anjing diberi nama panggilan Papillon berdasarkan paras anjing yang memiliki telinga berdaun besar dan lebar,  berdiri tegak lurus seperti sayap kupu-kupu. Sementara Pappilon  versi telinga turun diberi nama “Phalene” yang berarti kupu-kupu malam. Kedua versi spaniel tersebut masih terus diternak sampai hari ini.

Pappilon memiliki nama lain: Epagneul Nain, Squirrel Spaniel, Butterfly Dog, Phalane, Continental Toy Spaniel, dan Epagnuel Nain Continental.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *