Sejarah Anjing Dalmatian

dalmatian-puppies

Dalmatian merupakan nama dari jenis anjing yang dikenal dari warna kulit dasar putih dengan spot hitam dibadannya. Variasi warna coklat juga kadang ditemukan walaupun jauh lebih jarang. Nama Dalmatian berasal dari Propinsi Dalmatia dari negara Kroasia, yang diperkirakan sebagai asal dari jenis ini.

Asal usul anjing Dalmatian yang pasti memang belum terjawab, namun bukti-bukti pada artifak yang banyak ditemukan terdapat gambar anjing dengan spot di badannya, menunjukkan Dalmatian sudah ada sejak jaman Mesir kuno. Banyak juga beredar cerita bahwa Dalmatian merupakan anjing penjaga serta anjing pembuka dan penunjuk jalan nagi kuda dan tuannya sehingga bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat. Karena itu Dalmatian sangat dihargai karena mempunyai tenaga yang kuat dan tidak pernah mengenal lelah. Selain itu juga ada yang percaya bahwa Dalmatian berasal dari Yugoslavia dimana seorang yang bernama Jurij Dalmatin adalah yang pertama kali mengembangbiakan Dalmatian.

Namun, ada satu yang selalu terlihat dari semua bukti dan cerita yang beredar tentang Dalmatian, yaitu kuda. Dari semua bukti-bukti yang ada tergambar Dalmatian selalu bersama dengan kuda maupun kereta kuda. Jadi dapat diketahui bahwa Dalmatian akan selalu menyertai tuan dan kudanya kemana pun mereka pergi (coaching dog). Tugas Dalmatian tersebut selain sebagai tujuan ornamental, juga sebagai penjaga dan pembuka jalan sehingga kuda dan tuannya sampai ditempat tujuan dengan selamat. Karena itu Anjing Dalmatian sangat dihargai karena mempunyai tenaga yang tinggi dan tidak pernah mengenal lelah.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *