Sejarah Anjing American Cocker Spaniel

American Cocker Spaniel adalah anjing pemburu yang berasal dari daratan Inggris. Anjing ini dibawa keluar dari Inggris untuk pertama kalinya ke Kanada, kemudian ke Spanyol dan Amerika Serikat di akhir tahun 1800-an. Di awal tahun 1900-an, American Cocker Spaniel sudah memiliki buku standard pembiakan dari American Kennel Club (AKC).

Ada dua jenis trah Cocker Spaniel, yaitu English Cocker Spaniel dan American Cocker Spaniel. Di tahun 1946, English Cocker Spaniel memiliki perbedaan yang cukup mencolok dengan varietas Amerika-nya, oleh sebab itu AKC menetapkannya sebagai trah anjing yang terpisah dari English Cocker Spaniel. Perbedaan tersebut di antaranya English Cocker Spaniel memiliki perawakan yang lebih tinggi dan besar, sedangkan American Cocker Spaniel merupakan jenis anjing terkecil di sporting group.

American Coker Spanile dipakai untuk menghalau burung-burung untuk keluar dari semak-semak, sehingga tuannya bisa menembak buruannya. American Cocker juga adalah anjing pemburu yang handal di berbagai macam lapangan perburuan, mereka akan duduk dengan tenang ditengah suara senapan, dan menunggu perintah mengambil hewan buruannya. Cocker Spaniel berasal dari kegunaannya sebagai anjing untuk beburu woodcock, sejenis burung liar yang biasa diburu di inggris. Sekarang, anjing ini dipakai untuk berburu berbagai jenis burung dan unggas air.

Di Amerika, anjing ini oleh AKC hanya disebut Cocker Spaniel. Di luar AS, biasa disebut American Cocker Spaniel. Sebenarnya hanya ada satu jenis anjing Cocker Spaniel yang berasal dari daratan Ingris, tetapi pada tahun 1930-an dibuat Anjing Trah baru yang disebut English Cocker Spaniel, yang dengan begitu memicu pemisahan Anjing Trah ini.

Pada tahun 1936, sekelompok hobi Anjing Trah English Cocker berkumpul di rumah E.Shippen, yang terletak di dekat Bryn Mawr, Pennsylvania. Di sana mereka membentuk klub tersendiri untuk penggemar English Cocker Spaniel, yaiutu English Cocker Spaniel Club of America. Setelah pertemuan tersebut, AKC mengakui varietas “English”, dan par penghobi Amerika lebih sering mendatangkan anjing Cocker yang dibiakkan di Inggris ke AS. Di sekitar tahun 1938, 24 anjing Cocker sudah menyelesaikan gelar kejuaraan mereka dari kategori “English”, tetapi 6 di antara mereka adalah anjing Cocker yang dibiakkan di Amerika dan hanya seekor yang dianggap anjing import dari Inggris. Pada tahun 1947, American Cocker Spaniel dinyatakan sebagai Anjing Trah tersendiri, terpisah dari Cocker Spaniel.

Sejarah menyebutkan anjing Cocker Spaniel sudah ada sejak abad ke-14. Anjing ini pertama kali dibawa ke Amerika bersama kapal Mayflower yang mengangkut kaum imigran dari Inggris di tahun 1620-an. Meski memiliki tubuh yang kecil, anjing ini memiliki energi yang besar dan memiliki banyak kegunaan, diantaranya sebagai anjing peliharaan, anjing show, teman berburu yang handal, berkompetisi dalam perburuan, atau sebagai anjing terapi yang lembut.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *