Mastiff, Anjing Bersejarah

mastiff

Banyak ditemukannya jejak peninggalan-peninggalan purbakala tentang Mastiff, membuat anjing ini termasuk hewan yang memiliki sejarah terpanjang. Kisahnya banyak ditemukan dalam berbagai lukisan yang berumur sekitar lima ribu tahun.

Jaman dahulu kala, Mastiff dikenal sebagai anjing penjaga yang setia, terutama menjaga tanah pemilik para bangsawan. Selain itu, Mastiff juga dikenal sebahai anjing yang gagah berani di medan pertempuran, bahkan pada abad ke-19 di Inggris dikenal sebagai anjing aduan. Pada zaman keemasan ratu Elizabeth I Inggris, Mastiff kerap dipakai sebagai hiburan para bangsawan yang dipertontonkan untuk diadu dengan binatang buas, seperti beruang dan harimau. Kekuatan anjing Mastiff juga dikenal pada masa perang dunia I dan II, dipakai sebagai penarik kereta amunisi di garda terdepan. Sementara di Amerika Serikat, Mastiff dikenal sebagai anjing penjaga.

Karakteristik anjing Mastiff

  1. Bertubuh besar, kekar, kuat, berstruktur tulang simetris dan berotot.
  2. Memiliki dada yang agak menjorok ke dalam, bentuk kepala lebar dan berbentuk segi empat.
  3. Memiliki gigitan berbentuk gunting, mata berwarna coklat gelap, telinga menggelantung.
  4. Bentuk ekor meruncing pada ujungnya dan menggantung.
  5. Bulu sekunder pendek, tebal dan rata, bulu luar pendek dan lebih kasar.
  6. Bulu anjing Mastiff biasanya berwarna apricot, fawn atau brindle, dan pada bagian moncong dan telinganya berwarna hitam pekat.
  7. Memiliki inteligensia cukup tinggi, tetapi tidak begitu tangkas.
  8. Anjing penjaga yang bisa dipercaya, memiliki insting yang lembut dan masih memiliki naluri berkelahi yang kuat, terutama dengan anjing lain.

Bulu Anjing Mastiff harus disisir setiap hari, dan yang terpenting adalah tetap menjaga keseimbangan makannya. Dan untuk Anjing Mastiff latihan kepatuhan harus dilakukan sejak awal. Selain itu tungkai dan lengannya harus benar-benar diperhatikan, dan harus diperkuat dengan latihan-latihan rutin. Trah mastiff membutuhkan perhatian dan pujian dari pemiliknya. Karena mastiff adalah anjing yang sensitif, akan lebih baik jika dilatih dengan menggunakan trik yang menyenangkan dan suara yang mengembirakan.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *