Pertolongan Pertama Saat Anjing Terluka

Sebagai hewan yang aktif, anjing suka berlari ke sana kemari. Hal ini bisa membuat anjing mengalami berbagai kecelakaan. Bisa saja dia menginjak benda tajam seperti paku, kaca, atau kawat berduri. Saat kecelakaan itu terjadi, Anda bisa melakukan pertolongan pertama agar luka kecilnya tidak makin parah, minimal bisa berhenti berdarah. Ini tipsnya:

  1. Untuk menghentikan pendarahan, tekan kuat tepat di daerah luka. Gunakan handuk atau sepotong kain bersih dan tekan dengan ibu jari atau telapak tangan. Pendarahan kecil akan mulai melambat setelah beberapa menit. Namun, jika terjadi pendarahan besar, tekan langsung ke arteri. Anjing memiliki 3 daerah titik tekanan:
    • Menekan bagian atas kaki belakang bisa membantu mengendalikan pendarahan kaki belakang bagian bawah.
    • Menekan bagian atas kaki depan akan membantu memperlambat pendarahan – kaki depan bagian bawah.
    • Menekan bagian bawah ekornya akan membantu mengontrol pendarahan ekor.
  2. Setelah pendarahan dapat teratasi, potong bulu di sekitar daerah luka dengan menggunakan cukur listrik atau gunting. Ini akan membuat luka bersih dan membantu mempercepat proses pengeringan dan penyembuhan luka.
  3. Anjing yang terluka akan lebih merasa bingung dan takut. Sehingga kemungkinan bisa mengamuk dan mengigit. Jadi, obati lukanya dengan menggunakan Muzzle atau penutup moncong. Jika anjing masih kecil, bungkus dengan handuk, selimut atau sarung bantal sebelum mulai memberikannya pertolongan pertama. Namun, jangan membungkusnya dengan ketat dalam waktu lama karena anjing bisa mengalami kesulitan bernapas.
  4. Jika kesulitan menghentikan darahnya, ikatkan perban secara longgar disekitar luka untuk membantu memperlambat aliran darahnya. Jika perban cepat terserap basah, maka lebih baik dibiarkan saja. Lalu bawa anjing ke dokter hewan bila darahnya tidak juga berhenti.
  5. Hindari menggunakan tourniquet atau alat medis berbentuk pembalut yang digunakan untuk menghentikan pendarahan dengan cara menekan pada pembuluh darah hingga aliran darah terhenti untuk sementara. Banyak otot yang hilang karena suplai darah terhenti dalam waktu lama.

Sumber : dari berbagai sumber

3 thoughts on “Pertolongan Pertama Saat Anjing Terluka”

  1. Maaf mau tanya anjing saya tertusuk paku di bagian leher dan mengalami kejang2 tolong gimn carax untuk pengobatan lebih lanjut..adaka obat khusus

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *