Obat Pembasmi Kutu Pinjal Anjing

Membasmi pinjal anjing bisa dilakukan lewat berbagai media, seperti shampoo, kalung, bedak, dll. Yang perlu diketahui adalah kebanyakan produk anti pinjal hanya bisa membasmi pinjal dewasa tapi tidak memberantas telur dan kepompong yang tersebar di sekitar rumah. Selain itu, pemberian obat yang melebihi dosis pemakaian tidak akan membuat pinjal cepat mati tapi justru bisa memiliki dampak racun bagi anjing. Beberapa cara pembasmian kutu pinjal yang umum dicoba adalah:

  1. Shampoo anti pinjal, dapat berguna sebagai langkah cepat membasmi pinjal yang banyak terlihat di badan anjing. Namun, efek anti pinjal shampoo tidak mencapai seminggu. Sisa bahan kimia yang menempel di tubuh anjing anda tidak akan berbahaya bila menuruti dosis yang dianjurkan.
  2. Larutan anti pinjal, memiliki campuran kimia yang jauh lebih kuat dari shampoo. Tanpa petunjuk Dokter sebaiknya jangan dipakai. Baik Shampoo maupun larutan untuk merendam anjing anda hanya efektif membasmi pinjal dewasa, bukan telur dan kepompongnya.
  3. Kalung anti pinjal. Efektif membasmi kutu dewasa saja. Cara kerja kalung anti pinjal, pertama dengan mengeluarkan gas beracun yang mampu membunuh Pinjal. Cara kedua adalah bahan kimianya meresap ke lapisan lemak kulit. Gas beracun hanya mampu membunuh kutu yang ada di daerah leher dan punggung sehingga kurang efektif dibandingkan yang mampu meresap ke seluruh lapisan lemak kulit.
  4. Bedak dan semprotan anti pinjal. Kedua produk ini melindungi anjing dari pinjal selama 2-3 hari. Di beberapa produk, bahkan mampu melindungi anjing dari serangan kutu lain seperti Caplak. Efektif membasmi kutu dewasa saja.
  5. Pengobatan di area tertentu. Gunakan cukup di bagian pundak anjing dan mampu membuat anjing bebas Pinjal selama 1 bulan! Efektif membasmi kutu dewasa.
  6. Obat Minum atau Pill anti Pinjal, mencegah larva keluar dari telur. Bila seekor kutu betina menghisap darah anjing yang telah minum obat ini, maka telur-telur yang dihasilkan tidak akan bisa menetas. Obat ini tidak memberantas kutu dewasa. Pengobatan ini bagus untuk memutuskan mata rantai siklus hidup kutu di lingkungan rumah anda.

Mencegah Pinjal berkembang-biak: Sanitasi rumah perlu diperhatikan. Populasi kutu yang hinggap di badan anjing anda hanya sekitar 10% dari total populasi Kutu di rumah anda. Telur, larva, kepompong dan sebagian kutu dewasa lainnya bertahan di karpet, seprai, tempat anjing biasa tidur dan pojok-pojok ruangan yang gelap, hangat dan lembab. Membiarkan 90% populasi tersebut, tidak akan bisa memberantas Kutu secara menyeluruh dari anjing. Sapu dan pel lantai tiap hari, ganti seprai dan kain-kain lain secara teratur. Semprot pestisida (baygon) ke pojok-pojok ruangan.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan