Musim Hujan, Waspadai Penyakit Ini!

Musim hujan mengakibatkan udara menjadi lembab, sehingga beberapa kuman penyakit lebih senang menghinggap. Jamur, bakteri dan virus senang sekali dengan udara lembab. Sehingga penyebarannyapunsemakin banyak. Tak hanya pada manusia, waspadai juga anjing kesayangan Anda. Ada beberapa penyakit anjing yang perlu Anda waspadai saat musim hujan datang:

Diare, kadang disertai muntah dan turunnya nafsu makan. Diakibatkan oleh jamur, bakteri dan virus yang menyerang organ pencernaan.

  1. Cegah dengan menjaga keseimbangan flora di dalam pencernaan.
  2. Berikan yoghurt secara teratur setiap hari. Yoghurt mengandung bakteri baik yang dapat membunuh bakteri jahat dalam pencernaan.
  3. Anjing yang sudah terserang diare lebih dari dua hari sebaiknya periksakan ke dokter hewan untuk mendapat pengobatan antibiotik.
  4. Anda juga dapat memberikan obat anti diare yang terbuat dari bahan alami seperti daun jambu biji atau kunyit.

Penyakit kulit, paling banyak disebabkan oleh jamur. Anjing akan merasa gatal sehingga perlu menggaruk, akibat garukan tersebut kulit menjadi luka sehingga terbuka peluang bagi bakteri dan virus untuk ikut menyerang dan penyakit kulit menjadi lebih parah.

  1. Cegah dengan menjaga kondisi kulit dan bulu tetap kering.
  2. Untuk bulu pendek, taburkan bedak lalu sikat sampai bulu terbebas dari bedak atau bisa juga bulu dan kulit dilap dengan cairan disinfektan setiap hari.
  3. Pemberian bedak juga bisa diterapkan pada anjing yang berbulu panjang. Setelah ditaburkan bedak, kulit dan bulu diblow dengan hair dryer atau kipas angin. Cairan disinfektan juga bisa diberikan dengan cara disemprot dengan menggunakan sprayer, tidak perlu sampai basah kuyup cukup dipermukaan bulu saja.
  4. Mandikan anjing dengan shampo yang memiliki formula anti jamur dan anti bakteri.
  5. Sebaiknya jika anjing diberi dog food pilihlah dog food yang menggunakan protein dari daging domba karena daging domba lebih dapat mencegah penyakit kulit dibanding daging ayam atau sapi.

Pneumonia atau radang paru-paru. Kebanyakan menyerang anakan anjing tapi untuk anjing dewasa tetap beresiko. Anjing yang terserang biasanya adalah anjing yang sering berbaring dilantai keramik dan terkena angin dingin.

  1. Usahakan memberikan alas pada kandang anjing dan hindari kandang anjing terkena angin terutama pada malam hari.
  2. Jemur dan ajak anjing bermain pada saat matahari terik.
  3. Pengobatan oleh dokter hewan biasanya menggunakan antibiotik.

Penyakit Distemper dan Parvovirus, biasanya menyerang anjing pada musim hujan maupun musim kemarau. Penyakit ini tidak pandang bulu, anakan dan dewasa bisa terserang setiap saat terutama pada saat daya tahan tubuh sedang lemah. Cuaca yang dingin, lembab dan berangin dapat menurunkan daya tahan tubuh.

  1. Anjing harus dapat vaksinasi untuk penyakit ini dan diulang setiap tahun.
  2. Untuk menjaga daya tahan tubuh, anjing harus diberi nutrisi yang lengkap dan seimbang.
  3. Penambahan multivitamin pada musim hujan sangat dianjurkan terutama disaat hujan datang tiap hari.

Sumber : dari berbagai sumber

One thought on “Musim Hujan, Waspadai Penyakit Ini!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *