Mengapa Anak Anjing Perlu Divaksin?

Secara alamiah, anak-anak anjing yang baru lahir tidak dibekali dengan sistem kekebalan tubuh yang cukup kuat untuk memerangi penyakit. Sejumlah antibodi memang diturunkan oleh induknya melalui darah dan susu (kolostrum) yang disebut antibodi maternal, namun itu belum cukup untuk memerangi penyakit. Ini alasannya:

  1. Susu kolostrum, hanya dihasilkan antara waktu kelahiran hingga sekitar 36-48 jam ke depan. Dengan kata lain, setelah dua hari, anak-anak anjing tidak lagi memperoleh kekebalan tubuh dari susu induknya.
  2. Anak -anak anjing hanya dapat memperoleh perlindungan antibodi maternal terhadap penyakit-penyakit yang pernah diderita dan ’ditaklukkan’ oleh induknya, serta bila induknya dalam waktu dekat telah divaksinasi terhadap penyakit tersebut. Jadi, misalnya, jika induknya belum mendapat vaksinasi atau belum pernah sembuh dari serangan parvovirus, maka anak-anak anjing tidak akan menjadi kebal terhadap serangan parvovirus, dan bukan tidak mungkin mereka akan mengalami parvo.
  3. Antibodi maternal hanya akan tersirkulasi melalui darah dalam tubuh anak-anak anjing dalam waktu yang terbatas, hanya sekitar beberapa minggu saja. Jadi, akan ada saat di mana antibodi yang diwariskan oleh induknya tersebut sudah lemah dan tidak mampu lagi melawan serangan penyakit, atau justru masih terlalu kuat, sehingga akan mengurangi efektivitas vaksin. Periode ini disebut celah rentan.

Penting untuk diperhatikan:

  1. Anda sebaiknya memahami rentang waktu yang tepat untuk melakukan vaksinasi, sebab bila vaksinasi dilakukan dalam periode celah rentan, maka anak anjing akan tetap dapat terserang penyakit, meskipun ia sudah divaksinasi.
  2. Lamanya celah rentan biasanya tergantung dari jenis anjing Anda. Bahkan, terkadang ada anak anjing yang memiliki celah rentan yang lebih pendek atau lebih panjang dari anak anjing lainnya dari ras yang sama. Oleh karenanya, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter hewan Anda.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *