Mendeteksi Keberadaan Kutu

Menggaruk tidak akan membuat kutu menyingkir dari tubuh anjing. Karena kutu biasanya hinggap di area-area tubuh yang sulit dijangkau, seperti di wajah, telinga, lipatan kulit di sekitar siku, bawah leher, perut dan di antara jari kaki. Selain itu, pengangkatan kutu juga harus dilakukan dengan sangat hati-hati, jangan sampai kepala dan bagian mulut kutu masih tertancap di bawah kulit anjing, sebab akan menimbulkan benjolan yang besar, bengkak, bahkan berpotensi menimbulkan infeksi. Jadi, Anda perlu melakukan pendeteksian dan pengangkatan kutu dengan cermat.

  1. Lakukan pemeriksaan setiap hari, terutama di musim semi saat pertumbuhan kutu mencapai puncaknya, dan pastikan Anda menggunakan sarung tangan lateks. Anda juga bisa menggunakan sisir bergigi rapat.
  2. Saat anjing berdiri di samping Anda, sentuhlah pangkal ekornya dan gerakkan tangan Anda dalam gerakan memijat yang cepat ke arah punggung hingga belakang kepala. Pastikan jari Anda menyentuh permukaan kulit anjing dengan konstan dan lembut. Cermati bila mendapati benjolan tak biasa di permukaan kulitnya.
  3. Saat Anda menemukan benjolan, segera periksa dengan menyingkirkan bulu-bulu di sekitar area itu, dan carilah penyebabnya, apakah karena kutu atau karena penyakit kulit lainnya. Jika Anda mendapati kutu di permukaan kulit anjing, segera singkirkan dengan menggunakan jepitan (tweezer) berujung lancip.
  4. Capit kutu dengan perlahan, dan tariklah menjauh dari permukaan kulit anjing dengan hati-hati. Pastikan kepala kutu ikut tertarik.
  5. Setelah itu, cuci bersih area yang sempat dihinggapi kutu dengan sabun lembut, atau olesi alkohol untuk mencegah infeksi.
  6. Semprotkan hidrokortison atau cairan antibiotik untuk mengurangi iritasi, dan cuci tangan Anda dengan baik.
  7. Tempatkan kutu di dalam wadah tertutup, dan laporkan pada dokter hewan Anda. Tanyakan apakah kutu jenis ini dapat menimbulkan penyakit, dan periksakan apakah anjing Anda telah tertulari penyakit itu.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *