Mencegah Serangan Kutu

Untuk mencegah serangan kutu lanjutan, pastikan anjing selalu dalam kondisi prima. Karena kutu hewan akan memilih untuk hinggap pada anjing yang sistem kekebalan tubuhnya rendah. Jadi, selalu periksa kondisi kesehatan anjing Anda secara berkala. Selain itu, berikan minyak ikan salmon dan probiotik agar imunitas tubuhnya semakin meningkat. Pastikan juga selalu membersihkan lingkungan rumah dan kandang dan lakukan penyemprotan dengan desinfektan khusus kutu.

Pisahkan kucing atau anjing lain yang sehat dengan yang berkutu, dan lakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Shampoo anti kutu, cocok digunakan pada anak anjing. Selain dapat membasmi kutu/pinjal, shampoo anti kutu juga membuat anjing lebih bersih. Agar anjing dapat terbebas dari kutu, pada saat memandikan, sebaiknya shampoo digunakan dua kali, dan diulang dua minggu kemudian. Setelah itu, untuk tujuan pencegahan, pemberian shampoo dapat dilakukan 1 bulan sekali.
  2. Obat tetes dan spray. Pilihlah obat tetes yang ampuh membunuh kutu sampai telurnya. Obat ini dianjurkan untuk tidak digunakan pada hewan yang berumur di bawah 2 bulan. Cara pakainya adalah dengan diteteskan di kulit pangkal kepala bagian belakang atau tengkuk, dan tempat-tempat lain yang tidak bisa dijilat sendiri oleh anjing. Agar tuntas, sebaiknya diulangi 2-3 minggu kemudian. Dosisnya sesuai dengan berat badan anjing. Biasanya pemberian obat ini dilakukan setelah pembersihan dulu dengan shampoo kutu.
  3. Suntikan Ivermectin dapat membasmi cacing dan ektoparasit seperti kutu (pinjal, caplak dan tungau). Injeksi Ivermectin harus dilakukan dengan hati-hati pada hewan yang berumur kurang dari 4 bulan. Suntikan Ivermectin tidak dianjurkan pada hewan yang berumur kurang dari 2 bulan, karena dapat menyebabkan keracunan dan mengganggu perkembangan ginjal.
  4. Bedak anti-kutu, sebaiknya digunakan sebelum waktu tidur. Bila ada sisa bedak yang menempel atau jatuh di daerah tempat tidurnya, dibiarkan saja, karena bisa sekaligus sebagai langkah preventif untuk mencegah kutu bersarang di tempat tidur hewan. Ulangi selama beberapa hari secara terus menerus. Selanjutnya, ulangi setiap satu kali seminggu, atau bisa juga dua minggu sekali.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan