Glaukoma Pada Anjing

Glaukoma adalah penyakit mata yang paling sering menyerang anjing. Penyekit ini bisa menyebabkan rusaknya fungsi penglihatan secara permanen. Glaukoma terjadi karena adanya tekanan cairan di ruang depan mata sehingga mengganggu sirkulasi cairan di mata.

Tanda Glaukoma

Seringkali, gejala-gejala glaucoma disalah artikan sebagai konjungtivitis atau alergi mata. Karena, saat anjing Anda diberikan obat tetes mata yang mengandung steroid, mata akan terlihat membaik, namun hal itu hanya berlangsung sementara.

  1. Pupil mata membesar, dan tidak mampu berkontraksi secara normal ketika dihadapkan pada cahaya terang.
  2. Pembuluh darah mata yang terkena glaukoma seringkali terlihat meradang atau merah.
  3. Periksa tekanan intraokular mata hewan peliharaan Anda dengan menggunakan tonometer. Tes tekanan intraokular adalah satu-satunya cara untuk dapat mendiagnosis glaukoma secara dini, karena pada saat bola mata sudah benar-benar membesar, fungsi penglihatan telah hilang secara permanen.
  4. Jika glaukoma yang berkembang tidak segera diobati, mata hewan akan mulai terlihat berkabut. Pada saat ini, fungsi penglihatan biasanya akan hilang dan tidak dapat dipulihkan. Ini semua dapat terjadi sangat cepat – kadang dalam waktu kurang dari satu hari.
  5. Anjing akan mencakar-cakar matanya, atau menggosok-gosokkan kepalanya di lantai. Pembuluh darah pada bagian mata yang putih akan terlihat menonjol, dan bagian yang biasanya terlihat jernih (kornea) akan terlihat keruh atau kebiruan.
  6. Cahaya terang juga akan membuat anjing terganggu. Selain itu, beberapa ada yang kehilangan nafsu makan dan menjadi depresi karena rasa sakit.
  7. Saat glaukoma semakin berkembang, mata yang terserang akan terlihat lebih besar dan pupil tidak akan berkontraksi saat terkena cahaya. Jika ini terjadi, maka sudah terlambat untuk menyelamatkan penglihatan hewan peliharaan.
  8. Jadi, jangan sepelekan glaukoma. Jika tekanan dalam mata telah meningkat secara signifikan, fungsi penglihatan dapat hilang secara permanen dalam waktu kurang dari satu hari.

Diagnosis Glaukoma

Hanya ada satu cara untuk mendiagnosis glaukoma secara dini, yaitu dengan menggunakan perangkat kecil yang disebut tonometer, yang mengukur tekanan di dalam mata. Hal ini dapat dilakukan oleh dokter hewan. Prosedur pemeriksaan tekanan mata ini tidak menyakitkan. Menggunakan setetes anestesi lokal, lamanya proses ini hanya sekitar 1-2 menit. Jika tes tersebut menunjukkan gejala glaukoma, tes kedua disebut gonioscopy, yang akan dilakukan untuk menentukan apakah glaukoma yang dialami anjing termasuk jenis glaukoma sudut lebar atau sempit.

Pengobatan

Pada kasus anjing dan kucing, glaukoma berebeda dengan jenis glaukoma yang biasa terjadi pada manusia. Glaucoma pada hewan tidak merespon hampir semua obat-obatan. Dalam banyak kasus, operasi untuk mengurangi tekanan adalah satu-satunya pilihan solusi.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *