Caplak, Jenis Kutu Paling Sering Menyerang Anjing

Kutu menjadi masalah umum pada anjing peliharaan. Meski terlihat tidak menyebabkan penyakit yang berbahaya, namun jangan sepelekan kutu pada anjing. Anjing  yang dibiarkan terus dihinggapi kutu, akan mengalami kegatalan, kerontokan bulu, peradangan kulit, anemia dan jika parasit darah yang dibawa kutu beredar dalam pembuluh darah bisa menyebabkan kematian.

Caplak salah satu jenis kutu yang umum menyerang anjing. Iklim tropis sangat cocok untuk caplak beranak-pinak. Menulari anjing lainnya, lingkungan, bahkan pemiliknya juga dapat mengalami alergi akibat caplak. Bahkan 5% caplak dewasa pada tubuh anjing, maka 95% akan Anda temukan juga dalam bentuk telur, larva dan pupa di lingkungannya.

Caplak hanya memerlukan 3 minggu untuk 1 siklus hidupnya. Sehingga hanya butuh 3 minggu bagi telur caplak untuk menetas, menjadi larva yang akan hidup di sela-sela kaki, untuk kemudian menjadi pupa yang berserakan di lingkungan anjing. Voila, akhirnya menjadi dewasa. Caplak betina akan hinggap di tubuh anjing selama 6-10 hari untuk mematangkan telur di abdomennya, kemudian turun dari tubuh anjing untuk mengeluarkan telur yang berjumlah ribuan. Apabila musim hujan, anjing akan senang berada di dalam rumah dan Anda akan menemukan caplak lebih banyak lagi.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *