Atasi Periodental, Penyebab Bau Mulut Anjing

Sekitar 85% anjing mengalami peradangan gusi dan penyakit periodontal sejak usia 3 tahun. Penyakit periodontal adalah masalah gigi dan gusi yang paling sering terjadi pada anjing dewasa. Hal ini bisa menyebabkan bau nafas anjing tak sedap, biasanya banyak terjadi pada anjing bermur di aras 3 tahun.

Proses terjadinya penyakit periodontal pada anjing

  1. Partikel makanan menempel pada gigi
  2. Bakteri mulut berlipat ganda pada partikel makanan sehingga menyebabkan plak
  3. Bila plak tidak dibersihkan (dengan menggosok gigi atau mengunyah tulang), plak akan termineralisir oleh kalsium yang terkandung dalam air liur anjing. Karena itulah karang gigi banyak ditemukan di dekat kelenjar air liur. Plak yang termineralisir, atau disebut karang gigi, adalah bagian gigi yang keras berwarna putih kekuningan.
  4. Karang gigi biasa terletak di permukaan gigi dekat batas gusi, partikel makanan sangat mudah terselip di situ
  5. Bila bakteri berlipat ganda pada plak, zat kimia yang dilepaskan dapat mengiritasi gusi
  6. Peradangan pada gusi (gingivitis) mengikir tulang yang menahan gigi anjing anda
  7. Gigi akan menjadi longgar dan kemudian copot

Pencegahan dan pengobatan

  1. Anda tidak perlu ganti makanan anjing untuk mencegah atau menyembuhkan gusi yang teriritasi. Untuk menghilangkan plak, cukup dengan menggosok gigi.
  2. Menggosok gigi anjing bisa menggunakan pasta gigi khusus anjing atau cukup gunakan air putih biasa atau pasta gigi anak (pilih yang rasa buah). Tidak perlu menggunakan sikat gigi, cukup gunakan sepotong kain yang dililitkan ke tangan dan gosokkan pada permukaan gigi anjing. Meskipun anda tidak bisa mencapai sela-sela gigi, tindakan ini sudah jauh lebih baik daripada tidak melakukan apapun.
  3. Sebaiknya gosok gigi dilakukan rutin, seminggu sekali atau paling lama sebulan sekali.
  4. Berikan tulang asli, Nylabone atau tulang buatan untuk dikunyah Anjing. Banyak anjing yang mengunyah tulang dengan teratur memiliki plak yang jauh lebih sedikit dibanding anjing yang jarang mengunyah tulang.
  5. Mainan kunyah yang memiliki permukaan kasar juga dapat menggosok permukaan gigi dan memijat gusi anjing.
  6. Bila gigi dan gusi anjing sudah rusak, segera kunjungi dokter hewan untuk membersihkan giginya.
  7. Bersihkan gigi anjing secara teratur setiap tahun sejak usia 3 tahun. Dokter hewan bisa membersihkan gigi anjing tanpa menyuntikkan obat bius, jika perilaku anjing Anda cukup manis.
  8. Bila gusi anjing Anda berdarah saat mengunyah tulang, anda harus segera memeriksakan kesehatan gigi anjing ke dokter hewan.
  9. Beri buah-buahan mentah seperti wortel dan apel utuh agar pada saat dikunyah daging buah dapat menggosok gigi.
  10. Pemberian produk snack pembersih gigi secara rutin sangat dianjurkan. Pilihlah produk yang dijual oleh produsen makanan dan snack ternama agar mendapat hasil secara maksimal.
  11. Untuk gigi yang sudah banyak tumbuh plak dan karang gigi terutama pada bagian gigi geraham sehingga warna gigi berubah menjadi coklat kehijauan dianjurkan untuk dilakukan pembersihan karang gigi yang dilakukan oleh dokter hewan yang memiliki fasilitas untuk membersihkan karang gigi.
  12. Anjing yang menyukai makanan kering dan selalu diberi snack pembersih gigi secara rutin sejak usia dini dapat mengurangi resiko kerusakan pada gigi hingga 70%.
  13. Anjing yang diberi makanan alami seperti daging, telur, atau produk susu yang berisi asam amino sangat beresiko mengalami kerusakan pada gigi seperti pertumbuhan plak atau karang gigi yang dapat menyebabkan bau nafas tak sedap karena asam amino mengandung belerang yang dapat merusak gigi.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *