Anjing Kekurangan Zat Besi

Selama ini para pemilik anjing kurang menyadari tentang pentingnya zat besi untuk tubuh anjing. Karena anjing pun bisa mengalami anemia atau kekurangan zat besi yang bisa menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh sehingga anjing mudah terserang infeksi dan penyakit. Akibat lain jika anjing kekurangan zat besi:

  • Zat besi adalah komponen penting dari hemoglobin atau zat warna dalam sela darah merah yang berfungsi mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kurang zat besi, tentunya akan menganggu proses tersebut.
  • Rendahnya zat besi di dalam tubuh dapat mengakibatkan gangguan jantung pada anjing. Karena jantung memompa jumlah darah yang kurang ,sehingga akan terjadinya penggelembungan pada jantung yang tidak dapat kembali lagi.
  • Pada indukan hamil kebutuhan zat besi meningkat 2-3 kali lipat. Sehingga anjing hamil perlu tambahan zat besi, karena sel-sel darah merah di dalam tubuhnya terbagi kepada beberapa anak di dalam kandungan, sehingga induk bisa kekurangan zat besi. Selain itu, zat besi juga berguna untuk menunjang pertumbuhan janin anjing.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *