Tips Memberi Tulang Pada Anjing

dog-eat-boneTulang memang bisa membahayakan anjing. Namun karena anjing juga membutuhkan tulang, seperti untuk membersihkan gigi, maka pilihkan jenis tulang yang aman untuknya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika ingin memberikan tulang pada anjing:

  1. Tulang yang aman untuk anjing adalah tulang bonggol. Tulang bonggol ini adalah tulang rawan yang terletak diantara tulang kaki dan tulang paha sapi atau babi. Tulang bonggol jika pecah tidak akan membentuk sudut yang runcing. Pencernaan anjing dapat mencerna tulang rawan dengan baik. Namun, kelemahan mudah busuk jika tidak cepat dihabiskan dan dapat mengundang bakteri.
  2. Jika ingin memberika tulang ayam, pilih tulang leher yang empuk. Atau yang paling aman adalah memberikan tulang buatan yang terbuat dari kulit sapi atau tulang asli yang sudah diproses sehingga jika pecah tidak membentuk sudut yang tajam. Produk ini dijual dipetshop dalam berbagai bentuk dan ukuran.
  3. Pisahkan anjing dengan temannya agar tidak saling berebut tulang. Ketika memperebutkan tulang, anjing bisa menelan langsung sehingga berisiko tersedak.
  4. Sesuaikan dengan ukuran dan moncong anjing. Jika tulang terlalu besar membuat anjing kesulitan mengunyah. Sebaliknya jika terlalu kecil membuat anjing malas mengunyah dan pada akhirnya akan langsung ditelan.
  5. Paling aman, berikan tulang buatan yang terbuat dari kulit sapi atau tulang asli yang sudah diproses oleh manusia sehingga jika pecah tidak membentuk sudut yang tajam. Produk ini banyak dijual di toko kebutuhan hewan peliharaan.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *