Nafsu makan anjing berkurang

Mengapa tiba-tiba nafsu makan anjing peliharaan Anda menurun atau anjing cepat bosan dengan makanan regularnya? Segera temukan penyebabnya, karena bisa jadi itu adalah tanda-tanda anjing sedang sakit. Selain itu jika dibiarkan pertumbuhan anjing akan terganggu, badan kurus, stamina bisa menurun dan akhirnya sakit.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan nafsu makan anjing menurun. Selain karena adanya gangguan fisik atau kesehatan, bisa juga karena stress. Beberapa penyebab berkurangnya nafsu makan anjing, diantaranya:

  1. Sakit gigi. Jika ada bagian dari yang giginya yang patah atau gusinya sedang sakit maka otomatis dia akan menolak makan karena kesulitan mengunyah
  2. Kehilangan daya penciuman. Jika Anjing Anda sudah berumur, ia tak punya daya penciuman sebaik saat ia masih muda. Karenanya ia jadi tak begitu tertarik pada makanannya. Anda bisa memberikan makanan kaleng atau menambahkan gravy (kuah daging) pada makanannya untuk merangsang nafsu makannya.
  3. Gangguan usus. Adanya penyakit Cacingan dan penyakit yang disebabkan virus pada usus, pembengkakan, alergi makanan, dan penyakit lainnya dapat membuat proses pencernaan anjing berfungsi tak baik. Hal ini akan membuat ia merasa tak nyaman dan merasa mual, yang akhirnya membuatnya enggan makan
  4. Gangguan Liver. Jika liver Anjing Anda tidak berfungsi dengan baik, hal ini dapat mempengaruhi metabolisme tubuhnya sehingga mempengaruhi nafsu makannya.
  5. Gangguan ginjal. Anjing Anda akan merasa mulut dan perutnya tak nyaman dan ini menyebabkan ia kehilangan nafsu makan. Anda bisa melihatnya dari perubahan konsumsi air yang diminum Anjing Anda.
  6. Anjing hanya dipelihara sendiri, tidak punya teman sehingga tidak ada daya saing.
  7. Sedang beradatapsi di rumah baru.
  8. Anjing masih dalam kondisi sakit atau stress.
  9. Terlalu dimanja dan terlalu sering diberi cemilan atau kudapan.
  10. Makanannya diganti secara tiba-tiba.
  11. Jadwal dan porsi makan yang tidak teratur.
  12. Kurang beraktifitas.
  13. Sedang dalam masa reproduksi.

Penting untuk diperhatikan! Jika Anda menyadari Anjing kesayangan Anda tiba-tiba berhenti makan dan juga mengalami diare, muntah-muntah atau terlihat lesu, segera saja bawa ia ke dokter hewan secepatnya

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *