Memberi makan dan minum anjing kecil

Sama halnya dengan manusia, sistem pencernaan anjing yang masih berusia muda masih dalam proses pematangan. Sehingga perlu trik khusus dalam memberi makan dan minum. Simak trik-triknya!

  1. Selalu ganti air minum yang bersih dan segar pada pagi dan malam hari. Perhatikan juga volume pemberian air, jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit.
  2. Jika anjing kecil baru dibawa pulang ke rumah, tanyakan pada penjual atau pemilik sebelumnya jenis dan waktu pemberian makan. Usahakan beri makan yang sama dengan yang sebelumnya diterapkan. Karena perubahan lingkungan dan makan bisa mengakibatkan anjing kecil yang tubuhnya masih rentan bisa mengalami gangguan usus dan lambung.
  3. Jika ingin mengubah kebiasaan makan anjing kecil, lakukan setelah dia bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Dan lakukan sceara perlahan.
  4. Lambung dan usus anjing kecil masih sangat lemah sehingga makanan yang terbaik adalah diberikan yang mengandung sedikit serat dan lunak, agar dapat diserap dan dicerna dengan baik.
  5. Meski sudah berusia 4 bulan, anjing kecil sebaiknya tetap diberi makanan bubur atau makanan ringan. Karena jika dipaksa diberi makanan yang lain dapat menimbulkan masalah pada alat pencernaan dan bisa mengakibatkan diare.
  6. Pemberian susu bubuk manusia dapat menimbulkan masalah pada usus dan lambung anjing kecil, karena didalam susu bubuk juga terdapat campuran yang tidak dibutuhkan anjing kecil. Susu anjing mempunyai kadar protein 3x lebih tinggi dari susu sapi, bahkan lebih tinggi 7,5x dari susu manusia. Susu anjing adalah sejenis susu dengan protein tinggi, mengandung lemak tinggi, tetapi laktosanya rendah.
  7. Usus anjing juga hanya bisa mencerna susu dengan kadar laktosa rendah. Jika kita memberi susu sapi atau susu bubuk pada anjing kecil, di dalam ususnya bisa timbul ragi dan akan mengakibatkan diare.
  8. Memberi makan dan minum pada anjing kecil yang baru disapih, gunakan makanan kalengan untuk bayi, seperti daging sapi rasa sayur, yang biasanya diberikan pada bayi manusia berumur 4-5 bulan, atau memakai makanan anjing (dog food), namun basahi atau rendam dulu hingga lunak baru berikan pada anjing kecil.
  9. Satu hari beri makan 3 kali, dan sebaiknya tambahkan sedikit kalsium, atau vitamin A, D dan lain-lain pada makanan.
  10. Untuk porsi makanan, tergantung dari jenis anjing dan tambahkan porsinya mengikuti pertambahan usia.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan