Makanan Berbahaya Untuk Anjing

Beberapa jenis makanan yang biasa dikonsumsi manusia tidak selalu aman untuk anjing peliharaan Anda. Karena sistem metabolisme anjing tidak sama dengan manusia maupun jenis hewan lainnya. Beberapa jenis makanan ada yang hanya menyebabkan gangguan pencernaan ringan hingga bisa menyebabkan kematian. Berikut diantaranya:

  1. Minuman beralkohol. Bisa menyebabkan mabuk, koma, bahkan kematian
  2. Alpukat. Daun, biji, daging buah dan kulit alpukat mengandung zat yang bernama persin, yang dapat menyebabkan muntah-muntah dan diare.
  3. Tulang ikan dan tulang ayam. Bisa menyebabkan tersumbat atau terlukanya sistem pencernaan tubuh.
  4. Makanan kucing. Umumnya, makanan kucing mengandung protein dan lemak yang terlalu tinggi untuk anjing
  5. Cokelat, kopi, teh dan makanan/minuman lain yang mengandung kafein. Kandungan kafein, theobromine atau theophylline dapat menyebabkan muntah-muntah dan diare, serta keracunan hati dan sistem saraf.
  6. Ikan (baik yang mentah, kalengan ataupun yang sudah diolah). Jika dimakan secara eksklusif atau dalam jumlah banyak, bisa menyebabkan defisiensi thiamine (vitamin B) yang pada akhirnya menyebabkan hilangnya nafsu makan, kejang-kejang dan, pada kasus yang parah, dapat berujung pada kematian.
  7. Anggur dan kismis. Mengandung sejenis toksin yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal.
  8. Kacang macadamia. Mengandung sejenis toksin yang dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan saraf, serta otot-otot tubuh anjing
  9. Suplemen vitamin untuk manusia yang mengandung zat besi. Dapat merusak jaringan sistem pencernaan, dan berbahaya pula bagi beberapa organ tubuh lain, seperti hati dan ginjal.
  10. Jamur. Mengandung toksin yang dapat mempengaruhi beberapa sistem tubuh, menyebabkan trauma dan dapat berujung fatal
  11. Bawang bombai dan bawang putih (baik yang mentah, sudah diolah atau dalam bentuk bubuk). Mengandung sulfoksida dan disulfida yang dapat merusak sel-sel darah merah, dan menyebabkan anemia. Bawang putih cenderung lebih aman bila dibandingkan dengan bawang bombai.
  12. Buah kesemek. Bijinya dapat menyebabkan lambung terluka
  13. Telur mentah. Mengandung enzim bernama avidin yang dapat mengurangi penyerapan biotin (vitamin B), sehingga menyebabkan masalah kulit dan bulu. Telur mentah juga bisa mengandung bakteri Salmonella.
  14. Daging mentah. Bisa mengandung bakteri Salmonella dan E. coli, yang bisa menyebabkan muntah-muntah dan diare.
  15. Garam. Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *