Makanan Alami Untuk Anjing

Makanan alami atau home made untuk anjing biasanya terdiri dari campuran daging, sayuran, dan sumber karbohidrat seperti beras, kentang, atau jagung. Ada juga yang memberi makan anjing dari sisa makanan manusia. Biasanya , anjing lebih menyukai makanan alami atau sisa makanan majikannya daripada dog food siap saji.

Kelebihan makanan alami

Lebih sehat karena tidak memakai bahan kimia seperti zat perasa, pewarna, atau pengawet kimia. Nutrisi yang terkandung di dalamnya lebih mudah dicerna oleh anjing sehingga meringankan kerja pencernaan.

Kekurangan makanan alami

  1. Kurang praktis. Makanan harus dipersiapkan terlebih dahulu dari pemotongan daging atau sayuran sampai proses pemasakan yang memerlukan waktu yang tidak sedikit.
  2. Harga. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seekor anjing Rottweiler dewasa setidaknya diperlukan 1 kg daging ayam atau sapi setiap hari. Setidaknya sudah dapat dihitung biaya yang harus dikeluarkan setiap harinya untuk memelihara seekor anjing Rottweiler dewasa.
  3. Nutrisi kurang seimbang. Nutrisi anjing belum dapat terpenuhi hanya dengan memberikan jumlah daging yang cukup banyak. Karena anjing tidak hanya memerlukan nutrisi dari daging saja tetapi juga dari sayuran dan karbohidrat. Belum lagi hitungan kadar protein, lemak, karbohidrat, kalori dan lain sebagainya . Kebutuhan nutrisi anjing sangat berbeda-beda tergantung dari umur, jenis trah, aktifitas, dan lain sebagainya.

Anda pilih makanan alami atau siap saji? Semuanya tergantung dari pilihan Anda. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan