Makan Tulang Bisa Membahayakan Anjing

dog-eat-boneSelama ini tulang identik dengan anjing. Seperti yang digambarkan dalam sejumlah film dan berbagai produk makanan dan kebutuhan anjing. Bahkan, karena image tersebut, tak sedikit para pemilik anjing yang mengumpulkan tulang untuk diberikan pada anjing peliharaannya. Namun, benarkah tulang adalah makanan anjing?

Tulang membahayakan saluran pencernaan

Bila anjing sering mengunyah tulang, dapat membahayakan saluran pencernaannya. Tulang akan pecah menjadi serpihan-serpihan kecil yang runcing yang dapat menancap di gusi, tenggorokan, usus pencernaan, dan saluran dubur. Selain itu anjing yang makan tulang bisa tersedak. Pencernaan anjing tidak bisa mencerna tulang sebaik mencerna daging. Akibatnya, anjing kesulitan buang air besar karena kotorannya sangat keras. Beberapa kasus menunjukkan adanya luka pada saluran pencernaan dan saluran pembuangan karena tergores oleh tulang. Resiko ini bisa berlipat ganda untuk anjing yang sudah berusia tua atau anjing yang terbiasa makan dog food yang lunak. Kerena sistem pencernaan mereka tidak terbiasa mencerna makanan keras.

Manfaat tulang untuk anjing

  1. Alat eksplorasi bagi anakan anjing. Mulut merupakan alat eksplorasi mereka untuk mempelajari suatu benda, untuk bermain bersama majikan atau temannya.
  2. Masa pergantian gigi. Gigi yang sedang tumbuh atau akan tanggal akan membuat kondisi yang kurang nyaman pada gusi anjing. Untuk mengatasi hal ini anjing akan mengunyah sesuatu agar menghilangkan rasa sakit.
  3. Menyalurkan stress. Anjing yang sedang stress akan sering menggunyah sesuatu dimulutnya. Anjing yang sedang mengalami kebosanan juga akan melakukan hal ini untuk mengisi waktunya.
  4. Membersihkan gigi. Sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi akan membut kondisi tidak nyaman bagi anjing maupun manusia. Jika manusia melakukan sikat gigi , anjing akan menggunakan sesuatu yang keras atau kenyal untuk “menyikat” giginya. Pemberian tulang seperti dengkul sapi dapat membantu kebersihan gigi pada anjing. Anjing suka tulang untuk membersihkan giginya dari sisa-sisa makanan atau seperti alat sikat.
  5. Memperkuat otot tulang rahang.
  6. Mengunyah tulang adalah penyaluran energi bagi anjing yang aktif.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *