Anjing Bisa Alergi Makanan

Tak hanya pada manusia, alergi makanan juga bisa dialami oleh anjing. Bahkan, alergi makanan terjadi sekitar 10% dari semua kasus alergi pada anjing. Meski belum sepenuhnya dimengerti bagaimana anjing bisa alergi makanan, namun jangan pernah anggap remeh gangguan ini. Jika tidak tertangani bisa berujung kematian.

Gejala

Alergi makanan tidak berhubungan dengan anjing ras tertentu, semua bisa berisiko. Dan bisa terjadi pada hewan jantan maupun betina, pada hewan yang sudah dikebiri maupun yang belum.

Gejala alergi makanan dapat muncul sejak usia 5 bulan-12 tahun, meskipun sebagian besar kasus terlihat pada hewan yang berusia antara 2-6 tahun. Gejala khas yang biasa timbul adalah:

  1. Gatal-gatal pada kulit terutama di sekitar wajah, kaki, telinga, ketiak dan daerah sekitar anus.
  2. Infeksi telinga kronis atau berulang.
  3. Kerontokan rambut.
  4. Kebiasaan menggaruk yang berlebihan.
  5. Infeksi kulit yang bisa disembuhkan dengan antibiotik, namun akan muncul kembali setelah pemakaian antibiotik dihentikan.
  6. Mengalami peningkatan pergerakan usus.
  7. Buang air sebanyak 3 kali atau lebih per hari.

Penyebab

Pada dasarnya, ada banyak sekali zat makanan yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada hewan. Namun, berdasarkan sejumlah studi, beberapa zat makanan yang lebih sering menyebabkan reaksi alergi pada anjing adalah daging sapi, produk susu, ayam, domba, ikan, telur ayam, jagung, gandum, dan kedelai.

Pengobatan

Pengobatan untuk alergi makanan cukup mudah, yakni dengan menghindari zat pemicu reaksi alergi. Setelah bahan makanan penyebab reaksi teridentifikasi melalui uji coba makanan, maka hilangkan saja dari pola diet sehari-hari.

Perlu diketahui bahwa beberapa hewan peliharaan dengan alergi makanan dapat mengembangkan alergi terhadap makanan baru jika mereka diberi makanan tersebut cukup lama. Jadi, jika Anda melihat tanda-tanda alergi makanan kembali, berkonsultasilah dengan dokter hewan Anda.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *