Tanda-tanda Anjing Sudah Tua

Penuaan pada anjing tergantung pada ukuran tubuh. Untuk anjing ukuran besar seperti Saint Bernard bisa dilihat penuaannya pada usia 6 tahun. Untuk anjing berukuran medium bisa 9 – 11 tahun, sedangkan anjing berukuran toy menunjukkan penuaan saat berusia 11 tahun. Namun, ada gejala umum yang sama pada anjing yang sudah berusia tua, yakni:

  • Penurunan fungsi pendengaran. Anjing tua tidak akan merespon secepat dulu ketika diberikan perintah verbal atau saat dipanggil namanya. Indikasi lainnya anjing bisa tiba-tiba menggonggong tanpa alasan apapun.
  • Sering buang air kecil. Saat anjing merasa sangat haus atau buang air kecil tidak terkendali, menunjukkan danya masalah ginjal atau diabetes. Masalah buang air kecil juga dapat menjadi tanda bahwa anjing memiliki ketidakseimbangan hormon.
  • Berubah kebiasaan makan. Anjing tua bisa memiliki masalah gigi dan gusi, seprti gusi sakit atau gigi copot. Sehingga seringkali anjing membiarkan makanan keluar dari mulutnya atau bahkan menolak untuk makan.
  • Kesulitan dalam bernapas, batuk dan kelelahan bisa menjadi kemungkinan adanya gejala masalah jantung.
  • Penurunan fungsi penglihatan. Peningkatan warna putih pada mata anjing bisa menjadi gejala katarak. Jika dibiarkan tanpa perawatan, anjing bisa mengalami kebutaan. Namun, jika hanya mata kabur, warna mata menjadi kebiruan, ini bukan masalah serius. Tanyakan dengan dokter hewan untuk membedakan perbedaannya.
  • Naik atau turun berat badan. Metabolisme anjing melambat saat ia tua. Hal ini bisa menyebabkan berat badan naik, apalagi jika anjing tidak aktif seperti dulu. Pemeriksaan tulang rusuk bisa membantu untuk mengetahui apakah anjing kelebihan berat badan. Dan juga, jika tiba-tiba berat badan anjing menurun, maka ini bisa menjadi tanda adanya masalah penyakit dalam.
  • Kulit tebal dan bulu rontok. Anjing tua memiliki kecenderungan kulit tebal dan kenyal. Akibatnya, akan lebih sulit untuk melihat apakah ada benjolan yang tumbuh di bagian bawah kulit. Sangat penting memeriksa apakah ada benjolan besar di bagian bawah kulit, karena itu bisa menjadi tanda adanya tumor atau kanker. Pada usia tua, bulu anjing menjadi rontok, lebih tipis, kering dan berubah warna.
  • Mudah lelah dan pincang. Anjing tua mengalami penurunan energi. Sehingga anjing menjadi lebih mudah lelah dan ngantuk. Dan juga, sesekali kaki, pinggul dan bahunya menjadi kaku.

Sumber : dari berbagai sumber

One thought on “Tanda-tanda Anjing Sudah Tua”

  1. Saya mau tanya hehe. Kalau misalnya anjing itu puting susunya besar” banget. Itu knp ya? Apa dia faktor udh tua? Atau emg bawaan dri lahirnya?? Trims

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *