Mengenal Gigi Anjing

dog-teeth

Sama halnya dengan manusia, semua anjing lahir tanpa gigi. Gigi pertamanya mulai tumbuh pada saat berusia 2-3 minggu. Selanjutnya akan tumbuh gigi belakang atau geraham. Gigi geraham terakhir tumbuh pada umur 8 minggu. Ras anjing besar pertumbuhan giginya lebih cepat dari pada rasa anjing kecil.

Pertumbuhan gigi anjing

  1. Pada umumnya anak anjing atau puppy memiliki 28 gigi bayi atau gigi sementara, diantaranya adalah gigi depan, taring dan geraham. Puppy tidak mempunyai gigi geraham yang paling belakang. Gigi puppy ini sementara dan hanya bertahan sekitar 7 bulan.
  2. Mulai usia 3 bulan, gigi depan akan mulai tanggal dan digantikan dengan gigi dewasa. Gigi taring, geraham dan geraham paling belakang dimulai pada umur 4-7 bulan, yang mana pada saat berusia 7-8 bulan seharusnya gigi dewasa telah lengkap.
  3. Gigi Dewasa berjumlah 42. Gigi bawah berjumlah 22 dan gigi atas berjumlah 20. Gigi depan atas ada 6, 2 taring, 8 geraham. Bagian bawah ada 6 geraham belakang, tapi hanya 4 bagian atas, dari jumlah yang berbeda ini kita bisa menentukan usia anjing saat dewasa.

Gigi anjing dapat menunjukkan usia anjing

Pada anjing dewasa, usia dapat diketahui dari mengecek gigi anjing bagian depan. Cara ini cukup jitu sampai saat anjing berumur 6 tahun, Diujung gigi depan dinamakan puncak atau daun gigi (Cusps). Jumlah kerusakan daun gigi adalah yang paling penting untuk mengetahui faktor umur anjing. Gigi atas dan bawah berjumlah sama, kerusakan susunan gigi menunjukkan usia anjing, tetapi masing masing anjing tetap saja mempunyai variasi kerusakan yang tidak sama. Setelah berumur 7 tahun ke atas sudah mulai sulit untuk menebak usia anjing.

Sumber : dari berbagai sumber

One thought on “Mengenal Gigi Anjing”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *