Di Balik Kebiasaan Aneh Anjing

Anjing memiliki beberapa tingkah laku yang aneh dan tak terduga . Apa yang sebenarnya mereka lakukan? Ternyata mereka memiliki alasan untuk beberapa tingkah mereka yang aneh. Berikut 5 diantaranya:

  • Memakan kotoran. Anjing kadang bisa memakan pup/kotorannya sendiri, anjing lain, atau kadang induk anjing memakan pup anak-anaknya. Mereka akan memakan pup seharian jika dibiarkan. Kebiasaan ini ternyata kebiasaan predator yang bisa menemukan sarang anjing dengan mendeteksi bau dari pup mereka, terutama pup dari anak anjing yang tidak berdaya. Feses anak anjing memiliki bau yang berbeda karena memiliki kandungan susu yang tinggi. Jadi, untuk menghilangkan bukti dan menjauhkan dari predator, maka induk anjing akan memakan pup tersebut.
  • Saling Mengendus Bokong. Kadang ada anjing yang saat bertemu saling mengendus kedua bokong mereka masing-masing. Setiap anjing memiliki bau bokong yang unik. Dengan mengendus anjing dapat mengenali anjing lainnya. Mereka tidak perlu melihat wajah, hanya cukup dengan mengendus bokong. Anjing memiliki 2 kelenjar di sekitar anus dan kantung yang mengeluarkan cairan. Hal itu memberitahu kepada anjing lain segala hal yang ingin mereka ketahui seperti jenis kelamin, seberapa sehat, dan bahkan mood anjing tersebut. Bagi mereka, seluruh autobiografi mengenai anjing yang ditemuinya tertulis pada bokong anjing tersebut.
  • Berputar-putar berkali-kali sebelum duduk/berbaring. Tindakan memiliki 2 tujuan, yaitu membuat area tersebut menjadi lebih nyaman dan untuk mengusir binatang yang tidak menyenangkan seperti ular yang bisa menggigit mereka saat tertidur. Selain itu, tindakan berputar juga dapatmembuat pengaturan suhu yang baik. Tidak hanya membersihkan dari rumput tinggi dan puing-puing yang ada di tanah, namun juga bisa mengeluarkan lapisan tanah yang lebih dingin. Dalam kondisi cuaca kemarau, maka lapisan tanah yang dingin bisa menjadi hal yang sangat berharga bagi kenyamanan anjing.
  • Menjilat. Hal pertama yang dikenalkan kepada setiap anak anjing yang baru lahir adalah jilatan. Anjing memulai hidupnya dengan jilatan dan melanjutkan tradisi dari sana. Induk anjing menjilat cairan yang ada di tubuh anak anjing sampai bersih. Saat anjing mulai dewasa, arti menjilati lebih kepada sikap patuh. Di kumpulan anjing, anggota anjing yang kurang dominan akan menjilati anjing yang menjadi pemimpin.
  • Mengibaskan ekor, bisa mengartikan banyak hal yang berbeda. Bahkan posisi ekor bisa mengartikan arti yang berbeda. Saat posisi ekor rendah dan berbentuk kurva dan dikibaskan secara pelan-pelan, berarti anjing merasa tenang. Jika posisi ekor melengkung tinggi di atas punggungnya, anjing sedang merasa sangat tertarik atau sedang marah. Dan jika posisi ekor diapit diantara kaki, berarti sebuah tanda dari kepatuhan. Menyelipkan ekornya dan menurunkan telinga adalah semacam cara untuk menjauh/menghindar. Anjing bisa mengekspresikan banyak hal dengan mengibaskan ekor seperti bentuk komunikasi. Anjing adalah binatang berkelompok, komunikasi adalah masalah penting dan ekornya seperti bendera berbulu yang bisa memberikan sinyal kepada anjing lain.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *