Bau Khas Anjing

Anjing memiliki bau yang khas, bahkan meski rutin dimandikan anjing tetap mengeluarkan bau khasnya yang kurang sedap. Tahukah Anda bahwa bau tersebut berasal dari kelenjar anus anjing atau Anal Gland. Terdapat cairan yang tersimpan dalam kelenjar ini yang digunakan oleh anjing untuk mengusir pemangsanya karena mengeluarkan bau busuk.

Sebaiknya, kelenjar anus dibersihkan secara berkala. Anda harus melakukan pengeluaran cairan kelenjar anus ini secara berkala agar mengurangi bau pada anjing. Cairan kelenjar anus yang tidak dikeluarkan secara rutin akan makin membusuk dan tentunya sangat mengganggu.

Selain itu, kelanjar anus anjing yang jarang atau tidak pernah “dikuras,” cairan akan tampak lebih kental dan berwarna kekuningan. Sebaliknya, jika pada anjing yang rutin “dikuras” kelenjar anusnya, cairan akan lebih encer dan berwarna putih susu bahkan agak bening. Baunya pun tidak menyengat.

Lakukan pengeluaran cairan kelenjar anus ini secara berkala pada saat anjing akan dimandikan. Anda cukup memencet lembut bagian anus, aka nada cairan yang keluar. Setelah keluar basuh dengan air hingga bersih.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *