Agar Anjing Berani Naik Kendaraan

Ada beberapa anjing yang takut naik mobil atau kendaraan. Penyebabnya bisa bermacam-macam, diantaranya pengalaman mual dan muntah saat berkendara. Namun jika ketakutan anjing lebih dari sekedar perasaan mual, maka Anda harus memberikan lebih banyak waktu dan usaha untuk menghilangkan fobianya.

Mulailah dengan membantunya mengatasi perasaan takut:

  1. Bujuk anjing untuk mendekat ke mobil namun jangan memaksanya. Kebanyakan anjing yang takut berkendaraan begitu melihat mobil langsung kabur. Daripada menyeret anjing masuk mobil, lebih baik bujuk secara pelan-pelan dengan makanan dan pujian.
  2. Lanjutkan dengan menggunakan penguatan positif untuk membawanya masuk mobil. Saat anjing sudah merasa nyaman mendekati mobil, mulai bujuk untuk masuk. Buka semua pintu mobil sehingga anjing tidak merasa bahwa dirinya akan terjebak setelah masuk ke dalamnya. Gunakan makanan dan pujian untuk membujuknya masuk.
  3. Beri waktu. Jangan buru-buru membanting pintu dan langsung menyalakan mesin mobil saat anjing sudah mau masuk mobil. Biarkan pintu mobil terbuka dan habiskan waktu sebentar untuk bersama anjing di dalam mobil. Lalu perlahan-lahan, duduk bersama anjing dengan pintu tertutup. Proses ini tergantung tingkat ketakutan anjing, bisa berlangsung selama beberapa hari sampai beberapa minggu atau lebih.
  4. Nyalakan mesin mobil pelan-pelan. Begitu mesin mobil dinyalakan, berikan sedikit makanan dan bicara dengannya menggunakan nada suara yang menyenangkan dan lalu matikan mesin mobil. Ulangi hal ini beberapa kali sampai anjing benar-benar sudah nyaman duduk dalam mobil dengan mesin yang menyala.
  5. Mulailah dengan perjalanan dekat. Jangan membuat perjalanan pertama anjing dengan perjalanan yang panjang. Ajak dia berkendara dalam jarak yang dekat terlebih dahulu. Berikan sedikit makanan selama perjalanan. Secara bertahap, lakukan dengan jarak yang lebih jauh dari sebelumnya.
  6. Bawa anjing ke tempat yang menyenangkan. Jangan bawa anjing ke dokter hewan saat perjalanan pertama. Sebaliknya, bawa anjing ke tempat yang menyenangkan seperti taman bermain atau pantai. Sehingga anjing memiliki pengalaman yang menyenangkan saat berkendara.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *