Waktu tepat mengawinkan anjing

Perkawinan anjing dapat dilakukan saat anjing mencapai kematangan secara seksual. Waktu tepat mengawinkan anjing biasanya terjadi sekitar 6-7 bulan. Namun dalam beberapa kasus bisa terjadi pada saat usia 4 bulan atau setelah usia 2 tahun.

Anjing betina

Betina hanya dapat dikawinkan pada musim kawin. Sebaiknya  jangan mengawinkan anjing betina sebelum usia setahun, jika memungkinkan tunggu hingga usia 18 bulan sebelum kawin untuk pertama kalinya. Jika betina tidak mencapai kematangan seksual setelah 2 tahun, konsultasinya ke dokter hewan.

Tanda betina siap kawin adalah mulai mengeluarkan leleran dari vaginanya walaupun pada beberapa kasus bisa terdapat loops kering, dimana tidak mengeluarkan darah sama sekali. Begitu  masa subur betina akan segera menarik perhatian jantan. Biasanya masa subur anjing pada betina terjadi 2 kali dalam setahun dan hanya terjadi sekitar 21 hari. Waktu yang tepat dan subur rata-rata pada hari ke-9 hingga hari ke-14, ini berarti hanya beberapa hari dalam setiap musimnya, biasanya biasanya ditandai leleran vagina bewarna kebeningan.

Betina terakhir dikawinkan hingga usia 8 tahun, jika tetap ingin dilanjutkan konsultasikan terlebih dahulu, walau pada kasus-kasus tertentu ada betina dapat melahirkan dengan baik pada usia 10 tahun, tentu saja kondisinya harus benar-benar prima.

Anjing jantan

Berbeda dengan betina, jantan selalu siap untuk dikawinkan kapan saja tentu saja ketika pejantan sudah mencapai masa suburnya. Anjing jantan dapat mencium hormone pheromones yang dihasilkan dari tubuh betina pada musim kawin dari jarak 5 km, jadi tidak mengherankan seekor betina dapat menarik sejumlah pejantan pada waktu masa suburnya. Biasanya ditandai dengan datangnya para pejantan di sekitar wilayah betina. Ada kemungkinan terjadi perkelahian antara pejantan-pejantan, juga dengan adanya gonggongan dan lolongan sepanjang hari.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan