Waktu tepat mengawinkan anjing

Perkawinan anjing dapat dilakukan saat anjing mencapai kematangan secara seksual. Waktu tepat mengawinkan anjing biasanya terjadi sekitar 6-7 bulan. Namun dalam beberapa kasus bisa terjadi pada saat usia 4 bulan atau setelah usia 2 tahun.

Anjing betina

Betina hanya dapat dikawinkan pada musim kawin. Sebaiknya  jangan mengawinkan anjing betina sebelum usia setahun, jika memungkinkan tunggu hingga usia 18 bulan sebelum kawin untuk pertama kalinya. Jika betina tidak mencapai kematangan seksual setelah 2 tahun, konsultasinya ke dokter hewan.

Tanda betina siap kawin adalah mulai mengeluarkan leleran dari vaginanya walaupun pada beberapa kasus bisa terdapat loops kering, dimana tidak mengeluarkan darah sama sekali. Begitu  masa subur betina akan segera menarik perhatian jantan. Biasanya masa subur anjing pada betina terjadi 2 kali dalam setahun dan hanya terjadi sekitar 21 hari. Waktu yang tepat dan subur rata-rata pada hari ke-9 hingga hari ke-14, ini berarti hanya beberapa hari dalam setiap musimnya, biasanya biasanya ditandai leleran vagina bewarna kebeningan.

Betina terakhir dikawinkan hingga usia 8 tahun, jika tetap ingin dilanjutkan konsultasikan terlebih dahulu, walau pada kasus-kasus tertentu ada betina dapat melahirkan dengan baik pada usia 10 tahun, tentu saja kondisinya harus benar-benar prima.

Anjing jantan

Berbeda dengan betina, jantan selalu siap untuk dikawinkan kapan saja tentu saja ketika pejantan sudah mencapai masa suburnya. Anjing jantan dapat mencium hormone pheromones yang dihasilkan dari tubuh betina pada musim kawin dari jarak 5 km, jadi tidak mengherankan seekor betina dapat menarik sejumlah pejantan pada waktu masa suburnya. Biasanya ditandai dengan datangnya para pejantan di sekitar wilayah betina. Ada kemungkinan terjadi perkelahian antara pejantan-pejantan, juga dengan adanya gonggongan dan lolongan sepanjang hari.

Sumber : dari berbagai sumber

28 thoughts on “Waktu tepat mengawinkan anjing”

  1. gan ane mau tanya…. bisakah pomeranian di kawinkan dengan husky… dan proses nya gmn ya klo melalui pemacakan plis ada yg tau tolong info

  2. Saya punya anjing alaskan malamute jantan type polandia, berat badan kurang lebih 26 kg umur 1 tahun 5 bulan, saya lagi mencari anjing betina alaskan malamute yang sudah berumur 1 tahun untuk di kawinkan, ada yang minat? Hub:082180326786

  3. Salam kenal dari Kalimantan Tengah.. Mohon pencerahannya..

    Di rumah Saya punya 1 ekor herder jantan, 1 ekor husky jantan, dan 1 ekor husky betina yang melahirkan 5 ekor anak sebulan yang lalu.. Tapi anehnya, 3 ekor puppies fisiknya ngikut induknya (husky) sedangkan yg 2 ekor lainnya tidak mirip sama sekali (fisik nya persis herder)

    Padahal, saya mengawinkan nya dengan pejantan di rumah, yg sama2 ras husky juga.. Pada saat masa subur betina nya saya kawinkan setiap hari (selama kurang lebih seminggu) secara alami dgn pejantan (husky) nya..

    Hanya saja, saat masa suburnya hampir berakhir, saya sempat melihat pejantan herder saya ‘berhasil’ mengawini husky betina saya..

    Nahh, pertanyaan saya.. Apakah bisa satu ekor betina dibuahi (dikawinkan) oleh lebih dari satu jantan dan melahirkan anak yg sebagian ‘mengikuti’ jantan yg satu dan sebagian ‘mengikuti’ jantan yg lainnya??

    Dengan kata lain, sel telur (ovum) betina dibuahi oleh lebih dari satu sel sperma dari pejantan yg berbeda..

    Apakah bisa terjadi seperti itu?? Mohon penjelasannyaa..

    Trims sebelumnya..

  4. Bisa saja karena setiap kali betina subur, betina mungkin mengeluarkan beberapa sel telur yg matang dr indung telur yang nantinya setiap sel telur akan dibuahi satu sel sperma

  5. Oya?? Wahhh pantesann.. Anaknya ada yg ngikutin herder, ada yg ngikutin husky tulen.. Makasih banyak pakkkk atas penjelasannya..

  6. dicari betina red toy poodle yang sehat, stambum, tidak kutuan untuk doggy saya turunan champion, stambum, vaksin lengkap, lincah, penurut, umur 1 tahun,ada yang minat??

  7. Mau tanya suhu, saya kan punya pit betina umur -+1,5th, dia blm penah kawin(perawan). dia baru loop ke dua! 2hari yg lalu saya kawinkan, dia mau. tapi besok nya lagi saya kawin kan, kok gak mau? apa penyebab nya? apa mungkin vagina nya masih sakit, atau nafsu nya dah hilang? mohon bantuan nya

  8. saya ibu lisa dari kaltim. punya anjing herder mau dikawinkan tp belum ada pejantannya. siap yg punya pejantan tolong hub saya no. 081227797777

  9. hallo.. saya rindy dari tangerang… saya punya poodle mau di kawinkan tp belum ada betinanya.. jika ada yg mau di kawinkan dengan poodle saya info ya.. 089636345699. thx

  10. Sy punya Maltese usia hampir 5 thn blm pernah dikawinkan, ini sdg mau sy kawinkan anjing pom.
    Apakah msh bisa kwn dan sebaiknya bgm caranya? Krn anjing sy gk mau didekati sm si Pom jantan yg badannya sdkt lbh kcl dr maltese sy. Mohon infonya, tks.

  11. Ada yg punya husky jantan gak ya?
    Aku punya husky betina ni belum kawin sama sekali, kalo ada yg mau boleh ko dikawinkan sama gukguk aku

    Thanks.

  12. @marta magdalena.. Saya punya anjing maltese jantan umar 2th jalan stanbum komplit.. kalo mau dikawinkan dgn aanjing sy saja.. trims bisa hub sy dinomer 085113333848

  13. Admin dan teman2 yang berpengalaman mau nanya dong… Saya punya anjing peliharaan siberian husky si mata flip flop yang baru pertama kali beranak dan waktu keluarin anaknya itu agak susah dan selang waktu untuk keluarin anaknya yang pertama ke anak kedua sehari trus anak yang ketiga juga sehari dan waktu anak ke2 dan ke3 dikeluarin mati… Yang ingin saya tanyakan bagaimana sebenarnya ya? apa memang ada yang salah dari cara peliharaan saya melahirkan? Dan kalo turunan siberian husky biasanya paling sedikit anaknya berapa ya?… Tolong dong penjelasannya

  14. Permisi agan” saya pny anjing tekel betina perawan ting” nich dia lg loop hari k 4 sapa tau agan” pny pejantan tekel tangguh yg mau di kawinin call/sms 089666241888 saya dr garut siap dtg ke rmh pejantan.. Di mahar boleh asal jgn mahal”.. Hehe

    1. Nih kebetulan, Fitri. Ini sy Reni dari Bogor. Sy punya anjing tekel jantan. Kalo boleh tau tinggi badan anjing tekel betina Fitri berapa cm dan warnanya apa? Sy tunggu jawaban email Fitri atau SMS ke no hp sy 08111104763.

  15. Aku punya anjing shi tzu betina vaksin rutin no kutu no jamur..sehat. ada yg pnya shi tzu jantan utk dikawinkan??? Dm IG saya kl ada, wilayag jakarta @lendahardian
    Terimakasih ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *