Tips Membuat Tempat Anjing Melahirkan

whelping boxSetelah masuk masa-masa persalinan anjing, mulailah menyiapkan tempat untuk anjing melahirkan. Siapkan whelping box atau kotak tempat induk anjing melahirkan dan mengasuh anak-anaknya.

Ini tips membuatnya:

  1. Letakkan selembar kertas karton tebal di bagian bawah, kemudian lapisi dengan beberapa lembar kertas koran. Tutupi semuanya dengan selembar selimut hangat. Selimut ini harus berukuran cukup besar, sehingga ujung-ujungnya dapat diselipkan dengan rapi di bawah keempat sudut boks tersebut, guna menghindari anak-anak anjing terjebak di balik atau di dalam kerutan selimut.
  2. Sesuaikan ukuran whelping box dengan besarnya induk anjing. Biasanya panjang dan lebar kotak satu setengah kali panjang induk anjing, dengan tinggi antara 20-40 cm.
  3. Sebelah dalam kotak harus diberi papan-papan horizontal yang sejajar dengan dasar kotak, dengan lebar antara 5-8 cm dari dasar kotak. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan anak anjing tergencet oleh induknya.
  4. Lebih baik lagi bila salah satu sisi dari kotak bisa diturunkan, untuk mempermudah induk anjing keluar masuk whelping box.
  5. Tempat whelping box di lokasi yang kering dan tidak lembab dalam lingkungan yang hangat dan bebas gangguan.
  6. Berikan koran/kain/bahan empuk yang gampang diangkat sebagai alas dalam kotak whelping box.
  7. Siapkan selimut, potongan kain atau handuk sebagai tambahan bantalan agar lebih hangat untuk bayi anjing.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan