Tips Membeli Anakan Anjing

Sudah memutuskan jenis anjing apa yang ingin Anda pelihara? Berarti saatnya untuk membeli anjing sesuai dengan jenis yang Anda inginkan. Jangan asal beli dan asal pilih, simak dulu beberapa tips berikut ini:

  1. Jika ingin membeli anak anjing, sebaiknya beli langsung dari breeder atau peternak.
  2. Perhatikan kebersihan lingkungan anjing tempat Anda membeli. Jika kotor dan bau sebaiknya cari tempat lain. Karena hal tersebut menandakan breeder tidak higienis dan bisa mengandung kuman dan bakteri sehingga anjing tidak akan tumbuh dengan baik.
  3. Minta diperlihatkan bapak dan induk anjing yang akan Anda dibeli. Anatomi dan sifat anak anjing biasanya tidak jauh dari kedua orang tuanya. Tanyakan apakah bapak-induknya memiliki sifat khusus, seperti galak, agresif , pintar atau memiliki penyakit. Karena hal tersebut bisa menurun pada anak.
  4. Pastikan anjing yang Anda taksir dalam kondisi sehat! Anjing sehat bisa dilihat dari matanya yang bersih tidak belekan, hidungnya basah tapi bukan flu karena anjing demam biasanya kering hidungnya, telapak kaki agak kasar dan lembab, gusi dan lidahnya berawarna pink, serta anjing cukup lincah dan antusias diajak bermain.
  5. Periksa kondisi kulit anjing. Jika ada kelainan seperti luka atau koreng sebaiknya urungkan niat untuk membelinya. Biasanya bad breeder akan mengatakan luka atau koreng tersebut karena anakan anjing berkelahi dengan anakan anjing lainnya. Anak anjing yang berkelahi biasanya tidak menimbulkan luka. Luka terjadi karena mengidap penyakit kulit hingga lecet karena terus digaruk.
  6. Sebelum membawa pulang anakan anjing yang dibeli, sebaiknya tes dulu selera makannya. Hingga anjing usia 4 bulan atau seterusnya jika kondisinya bagus biasanya rakus makan. Jika selera makannya rendah, kemungkinan mempunyai masalah kesehatan. Jika anjing  lulus tes makan, tunggu beberapa saat sampai anjing tersebut buang kotoran. Pastikan kotorannya keluar dalam bentuk padat. Jika kotorannya tidak padat, kemungkinan anjing  punyai masalah pencernaan.
  7. Pastikan anak anjing yang akan dibeli sudah divaksinasi dan Anda mendapat garansi kesehatan 3 hari sejak tanggal pembelian. Anjing yang sudah divaksin memiliki bukti buku vaksin yang distempel oleh klinik tempat dia divansin. Pastikan anjing dvaksin dalam waktu 2 minggu.
  8. Jika tidak punya banyak waktu dan belum yakin dengan kondisi anjing pilihan Anda, jangan langsung membelinya di hari yang sama. Kembalilah pada hari hari berikutnya dan jangan takut jika anak anjing di beli oleh orang lain. Bila berjodoh akan tetap menjadi milik Anda. Hal ini untuk memastikan anjing yang akan Anda beli benar-benar sehat.

Penting untuk Anda ingat, jangan sampai karena Anda sudah terlalu nafsu membeli anakan anjing hingga tidak memperhatikan beberapa hal tersebut di atas. Hindari mendapat masalah setelah Anda membawa pulang anjing.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *