Tepat memilih anjing peliharaan

dog-chooseJika Anda berniat memiliki anjing peliharaan, jangan sampai Anda salah pilih anjing. Karena banyak hal yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan dalam memilih jenis anjing peliharaan. Beberapa panduan berikut ini, semoga bisa membantu menentukan jenis anjing yang akan Anda jadikan binatang peliharaan.

Ukuran anjing, terbagi menjadi empat yang dikur pada saat anjing mencapai titik akhir pertumbuhan atau saat dewasa. Sesuaikan ukuran anjing dengan ukuran rumah Anda dan biaya pemeliharaan. Anjing besar memerlukan ruang yang cukup untuk bergerak. Dan semakin besar ukuran anjing, makin besar biaya makan dan perawatannya.

  1. Toy : berat badan antara 1 kg – 10 kg .
  2. Medium : berat badan antara 10 kg – 25 kg.
  3. Large : berat badan antara 25 kg – 50 kg.
  4. Giant : berat badan antara 50 kg -75 kg.

Jenis bulu anjing ada yang panjang dan pendek. Jika Anda memiliki waktu luang banyak, boleh memilih anjing berbulu panjang, sehingga Anda dapat memberikan perhatian ekstra pada bulunya.

Karakter dan fungsi anjing. Setiap jenis anjing memiliki karakter dan fungsi yan berbeda.

  1. Toy, biasanya berukuran dibawah 10 kg dan berfungsi sebagai teman bermain saja. Kalaupun digunakan sebagai anjing penjaga, hanya sebatas alarm dog saja. Seperti, Pomeranian, Chihuahua, Pug, Miniature pincher, Poodle, dan lain-lain.
  2. Companion Dog atau family dog. Berukuran medium ke ataa, bersifat kalem dan bersahabat. Anjing jenis ini umumnya tidak bisa dijadikan sebagai anjing penjaga karena terlalu baik dan mudah bersahabat dengan orang asing termasuk juga dengan maling. Seperti, Golden Retriever, Labrador Retriever, American Cocker Spaniel, Collie, dan lain-lain.
  3. Guard Dog atau anjing penjaga biasanya bermuka seram atau galak. Biasanya digunakan sebagai penjaga property kita. Memiliki sifat melindungi dan dapat dilatih dengan baik . Seperti, Anjing Gembala Jerman (AGJ), Rottweiler, Dobermann, American Pit Bull Terrier (APBT), Boxer, dan lain-lain.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *