Terapi Aroma Untuk Anjing

lavenderTerapi aroma yang sering digunakan oleh manusia, ternyata juga bisa untuk anjing kesayangan Anda. Essential oils bisa untuk menenangkan anjing yang ketakutan, agitated dan hiperaktif. Sifat dari zat ini adalah dapat bekerja dengan cepat dan tidak membuat anjing berada dalam kondisi terbius, seperti yang terjadi jika Anda memberi anjing Valium.

Aromatherapi essential oils dapat dihirup dan bekerja dengan cepat, tidak seperti tablet penenang herbal yang membutuhkan waktu untuk dicerna. Essential oil hanya perlu dioleskan ke kulit dan akan terserap ke aliran darah dan mengalir ke tempat dimana mereka dibutuhkan. Essential oils bekerja pada tingkat fisikal dan emosional dimana mereka akan menghilangkan penghalang dan memulai penyembuhan.

Jenis aroma apa saja dan apa kegunaannya, cek di sini.

  1. Lavender. Aromanya menenangkan, dapat digunakan sebagai anti depresi, tidak mudah terbakar dan dapat digunakan untuk mengobati lebam-lebam. Lavender juga sangat berguna sebagai pembasmi jamur dan pembasmi kuman. Dapat digunakan secara langsung pada kulit binatang, atau melalui spray dan shampoo serta dapat juga dicampur dengan air atau alcohol kemudian gunakan sebagai penyegar ruangan. Untuk menenangkan anjing yang hiperaktif, teteskan sedikit pada tempat tidur anjing. Juga gosokkan sedikit pada kakinya.
  2. Eucalyptus. Merupakan anti bakteri dan anti jamur, sangat berguna untuk melancarkan pernafasan. Digunakan di diffuser yakni mesin khusus yang menguapkan essential oils, untuk membantu mencegah penyebaran penyakit menular dan menolak serangga. Eucalyptus dapat digabungkan dengan Citronella Oil, Cedarwood Oil (Minyak Kayu Cedar) dan Peppermint oil untuk mengusir serangga.
  3. Peppermint, salah satu minyak yang dadat mencegah mabuk darat dan mual, obat penghilang rasa sakit dan efektif mengusir tikus dan serangga. Aromanya segar dan dingin. Untuk mencegah anjing mabuk ketika naik mobil, teteskan sedikit peppermint dan lavender pada tempat duduk mobil.
  4. Citronella untuk menolak serangga. Gunakan campuran dari Citronella dan Lemongrass (serai) dengan base oil atau “carrier oil” (minyak sayur) atau dapat juga dicampur dengan air.
  5. Lemongrass (Daun Sereh). Dapat digunakan untuk mengatasi penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Daun serai juga sangat efektif untuk mengusir semua jenis serangga.
  6. Grapefruit (Jeruk Sunkist) mengusir serangga khususnya kutu.
  7. Rosemary dan Peppermint mengatasi kulit gatal, kulit atau bulu yang kering dan juga membantu mengatasi parasit kulit.
  8. Lavender dan Marjoram, dapat mengatasi otot kaku, kram dan pegal-pegal. Teteskan sedikit pada telapak tangan Anda dan gosok perlahan. Dapat digunakan pada working dogs dan manusia.
  9. Peace & Calming bisa membantu mengatasi rasa tegang ketika Anda membawa anjing hiperaktif ke dokter hewan atau salon hewan.
  10. Di-Gize dan Para Free menghalau cacing dan semua parasit pada semua binatang.
  11. Peace & Calming, Melissa, Lavender.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *