Perhatikan BAB dan BAK anjing kecil

Perhatikan volume dan jenis kotoran anjing kecil Anda, karena bisa menggambar kondisi kesehatan dan pola makannya apakah sudah benar atau belum. Jika seekor anjing makannya banyak, maka buang air besarnya pun juga banyak. Dengan melihat model kotoran (feses) anjing, kita bisa memastikan baik tidaknya kesehatan anjing kecil tersebut.

Buang Air Besar (BAB)

  1. Anjing kecil berusia satu bulan, bisa buang air beberapa kali. Terkadang dalam satu hari bisa beberapa kali. Saat menginjak usia dua bulan, biasanya satu hari kurang lebih buang air sebanyak tiga kali.
  2. Jika kotoran (feses)nya tidak bisa dijapit atau diangkat, berarti sudah timbul suatu masalah dalam kesehatannya.
  3. Anjing sehat, kotorannya berwarna kuning seperti teh. Jika kotorannya berwarna hitam, kemungkinan karena makan daging yang tidak berlemak, atau makan daging yang busuk dan banyak darahnya, juga bisa karena, usus dan lambungnya terkena tukak (atau terkena penyakit) hingga mengeluarkan darah, atau di dalam usus ada cacing parasit yang menggigit, sehingga mengakibatkan luka, hal ini bisa membahayakan jiwa anjing kecil.
  4. Jika kotorannya mengeluarkan bau yang sangat menggangu atau mengandung bau asam, itu tanda adanya peragian makanan disaluran pencernaan.
  5. Jika kualitas kotoran semuanya bagus, berarti proses pencernaannya lancar. Jika di dalam kotoran mengandung zat yang padat, berbentuk seperti lobak merah (wortel), itu tanda pencernaannya sedang tidak baik. Hal tersebut juga menandakan bahwa makanan belum melalui proses pencernaan, tetapi sudah keluar lagi.
  6. Jika kotoran anjing berwarna putih atau merah muda, itu tanda adanya cacing pipih. Jika bisa memanjang, mengkerut atau bergoyang-goyang itu adalah cacing pita, dan jika ada yang bentuknya seperti karet gelang, itu adalah cacing gelang.

Buang Air Kecil (BAK)

  1. Anjing kecil usia satu bulan, kencing kira-kira 2 jam sekali. Kemudian tiap 2 bulan selanjutnya, rata-rata sehari bisa 5-6 kali BAK.
  2. Warna air seni yang sehat, berwarna kuning muda. Pada bangun pagi, air seni pertama biasanya warnanya agak tua. Tetapi jika warnanya terus menerus seperti itu, berarti ada masalah pada ginjal dan livernya.
  3. Jika warna air seninya merah, kemungkinan ada organ anjing yang mengeluarkan darah. Keadaan seperti itu sangat membahayan, dan harus segera dibawa ke dokter hewan.

Sumber : dari berbagai sumber

One thought on “Perhatikan BAB dan BAK anjing kecil”

  1. Hi,
    Saya tinggal di Butterworth. No. 3, Lorong Sena dua,
    Lucky Park off Jalan Raja Uda. Saya hendak complain
    Jiran Saya yang tinggal di No. 7. Mereka membela
    Beberapa anjing besar, dan tidak jaga Kesihatan sekeliling.
    Saya sudah complain mereka beberapa kali, bungkus BAB dan bungkus dalam plastic bag. Tapi, bila cakap mereka
    Ikut Satu dua hari Saja. Lepas itu, terus Guna air buang
    Kedalam longkang, jadi semua BAB tinggal di rumah longkang Saya, sangat busuk.
    Tolong Keluar Daduan kepada mereka.

    Complain rumah membela anjing rumah add:
    No 7, lorong sena dua, lucky park off jalan raja uda,
    13000 butterworth. Penang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *