Merawat Bulu Anjing Shih Tzu

Bulu anjing Shih Tzu yang panjang dan lembut harus mendapat perawatan ekstra agar tetap lembut dan terlihat mengkilau. Ini triknya:

Menyisir bulu Shih Tzu:

  1. Merawat bulu anjing Shih Tzu jauh lebih mudah disisir bila disemprot dengan air atau cairan khusus yang akan mengurangi kusut. Setelah bulu Shih Tzu lembab, sisir sampai bulu kering, lalu spray lagi bila diperlukan. Penyisiran ringan setiap harinya dan perawaatan penuh dalam setiap minggunya akan mencegah kusut.
  2. Ketika menyisir, mulailah dari bagian dada, bagian bawah (perut) dan bagian dalam kaki. Terlentangkan anjing  dan spray cairan khusus pada bulunya kemudian sisirlah dengan bristle brush.
  3. Bagi bulu menjadi beberapa bagian dan sisirlah menurut bagian tersebut satu persatu. Setelah selesai menyisir pada bagian perut dan dada, gunakan slicker untuk merapikan bubu-bulu halus yang ada pada daerah kaki.
  4. Balik anjing pada sisi belakang agar Anda dapat  menyisir bagian siku paha dan badan. Spraykan lagi pada bulu-bulu dan sisirlah dari bagian paling dalam atau mendekati kulit. Setelah semuanya selesai, biarkan anjing anda untuk membalikan badannya atau terlentang.
  5. Spraykan dan bagi bulu menjadi beberapa bagian dari ujung kepala sampai ujung ekor. Sisirlah bulu-bulu panjang yang paling luar lalu sisir dengan comb sampai halus  lalu spray dan sisirlah sampai bagian ekor.
  6. Langkah terakhir adalah menyisir dan memastikan bulu di sekitar mata, muka, kumis, jengot sudah halus menggunakan sisir bergigi rapat yang khusus untuk muka dan kumis.

Mencukur bulu yang berlebih:

  1. Bagian rutin dalam merawat Shih Tzu adalah Anda harus mencukur bulu yang berlebih, diantara jari-jari sependek mungkin. Ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi dan akan menambah daya tarik akan kerapihan anjing anda.
  2. Bila Anda menemukan ada bulu yang sangat kusut, coba untuk gunakan minyak khusus bulu. Minyak ini dapat digunakan langsung pada bulu yang kusut agar lebih mudah di sisir.
  3. Bila perlu, Anda dapat mengikat bulu di atas kepala Shih Tzu.
  4. Selalu perhatikan tanda-tanda adanya parasit pada saat mengrooming Shih Tzu. Apabila anda dapati tanda-tanda adanya kutu, segera selesaikan masalah ini.

Sumber : dari berbagai sumber

One thought on “Merawat Bulu Anjing Shih Tzu”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *