Merawat Anjing Paska Melahirkan

Setelah anjing selesai melahirkan, ada beberapa perawatan khusus yang perlu Anda perhatikan pada induk anjing. Agar kesehatannya kembali pulih dan dapat menyusui anak-anaknya dengan optimal.

  • Selepas melahirkan, induk anjing akan mengeluarkan darah dari vulvanya selayaknya menstruasi. Jika lebih dari seminggu masih mengeluarkan gumpalan darah, maka harus segera diperiksa dan ditindaklanjuti.
  • Gak usah panik saat sang induk memakan kotorannya sendiri di masa-masa awal setelah melahirkan, itu adalah hal yang wajar yang dilakukan oleh ibu baru dan biasanya tidak akan membuatnya terluka atau sakit.
  • Persalinan membutuhkan energi yang besar sehingga membuat sang induk kelelahan dan butuh banyak asupan nutrisi. Siapkan makanan dan minuman dan letakkan dekat dengan kotak melahirkan agar si induk dapat makan dan minum tanpa harus berjauhan dengan anak-anaknya. Jangan meletakkan makanan di tempat yang rendah, yang mudah dijangkau anak-anak anjing. Kaitkan pada tepi whelping box. Berikan makanan setiap 2-3 jam sekali.
  • Pastikan secara rutin si induk keluar dari kotak untuk membuang kotoran, agar tidak mengontaminasi anak-anaknya. Selama ia membersihkan diri, Anda harus memperhatikan dengan seksama, karena ada kemungkinan ia masih akan melahirkan anak lagi.
  • Selang 2-3 hari paska melahirkan, nafsu makan sang induk akan meningkat pesat, hingga 2-4 kali lipat dibandingkan masa pra-kehamilannya. Berikan minuman dan makanan dengan kadar protein, lemak dan mineral yang tinggi untuk menjaga bobot dan kesehatan tubuhnya selama fase menyusui.
  • Jaga kebersihan tempat tidur puppies. Whelping box harus diganti setidaknya sekali sehari. Sementara itu, saat anak-anak anjing mulai mengonsumsi makanan padat, sebaiknya whelping box diganti setiap 2-3 kali sehari, terutama jika sang induk tidak lagi membersihkan anaknya.
  • Antara 5-6 jam seusai melahirkan, jangan lupa membawa induk dan anak-anak anjing ke dokter hewan. Kunjungan pertama, anak anjing akan diberi obat cacing dan obat tetes mata.
  • Jangan lupa untuk memeriksa kelenjar susu dan puting sang induk setidaknya sekali sehari, untuk memastikan tidak ada tanda kemerahan, pembengkakan, ataupun infeksi. Bersihkan puting si induk dengan cara mengusapnya dengan handuk hangat.
  • Jika menemukan gejala radang payudara, secepatnya periksakan ke dokter hewan. Sebagai pertolongan pertama, pijat kelenjar susu dan kompres dengan air hangat. Jika ada beberapa kelenjar susu yang mampat, sebaiknya anak-anak anjing diberi minum dengan menggunakan botol.
  • Potong kuku-kuku anak anjing agar tidak menggores atau melukai kelenjar susu induknya. Sementara itu, saat anak-anak anjing mulai tumbuh gigi, Anda juga harus memeriksa bekas gigitan di sekitar puting induknya.
  • Selama mengandung, salah satu karakteristik yang paling dominan adalah penebalan bulu-bulu. Bulu-bulu yang tebal ini akan mulai rontok saat induk memasuki fase penyapihan. Kerontokannya akan lebih parah dibandingkan saat siklus kerontokan normal. Beberapa induk anjing bahkan akan terlihat sedikit botak. Namun tenang saja, karena hal ini normal dan akan berhenti dengan sendirinya dalam waktu 4-5 bulan.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan