Merawat Anak Anjing yang Baru Lahir

dog-momBerbeda dengan anjing liar, anjing ras memerlukan bantuan saat melahirkan, terutama yang baru pertama kali melahirkan. Mereka terbiasa hidup tergantung pada manusia sehingga insting alamnya berkurang bahkan bisa hilang. Anjing menjadi tidak tahu harus melakukan apa setelah anaknya lahir. Tugas Anda untuk membantunya saat bersalin.

Tips berikut ini bisa menjadi panduannya:

  1. Setelah bayi keluar, segera angkat dan pisahkan dari induknya agar Anda bisa kita dengan mudah membersihkannya.
  2. Perlu diingat, semua plasenta dan ari-ari harus dikeluarkan. Jika putus, usahakan tarik dengan tisu atau kain supaya tidak licin. Ari-ari boleh diberi makan ke induknya.
  3. Segera robek plasenta yang membungkus bayi, pegang bayi dengan benar karena cairan ketuban sangat licin. Gunakan kain handuk untuk mengeringkan cairan.
  4. Gosokkan handuk dari bagian punggung bayi supaya bayi dapat bernafas dan merasa hangat.
  5. Jika bayi tersebut tidak bernafas segera ikuti petunjuk ini:
    • Gunakan alat pipet yang dapat dibeli di toko kamera untuk membersihkan debu.
    • Masukan penyedot ke dalam rongga mulut dengan mengempiskan atau menekan bagian balon. Lalu lepas bagian balon supaya alat ini segera menghisap cairan yang ada dimulut.
    • Ingat, jangan mengempiskan alat ini didalam rongga mulut atau hidung karena akan meniup atau mendorong cairan masuk lebih dalam.
    • Setelah cairan tersedot, segera mengembang kempiskan alat ini supaya cairan yang tersedot bisa keluar.
    • Ulangi langkah ini berulang kali sampai cairan ketuban hilang.
    • Sedot juga cairan yang ada di hidung.
  6. Setelah bayi anjing bernafas dan menangis, segera ikat dengan benang nilon atau benang jahit operasi. Jangan menggunakan benang jahit baju karena bisa menyayat.
  7. Ikat tali pusat sekitar 0,5 cm dari pangkal lalu gunting tali pusat sekitar 0,5 cm- 1 cm dari ikatan benang. Tali pusat setelah di ikat lalu dipotong dengan gunting yang steril.
  8. Setelah selesai urusan tali pusat, gosok bagian punggung bayi anjing dengan handuk atau tisu menggunakan tisu untuk mengeringkan cairan yang masih ada di badan.
  9. Tempelkan badan bayi di telinga Anda, dengarkan apakah nafasnya bersih. Jika masih terdengar suara cairan seperti orang pilek segera ulangi penyedotan seperti langkah di atas.
  10. Jika anjing sudah bersih, berikan sedikit madu kira-kira 1 tetes kecil, agar bayi anjing punya tenaga dan naluri menghisap. Setelah itu, segera dekatkan bayi anjing pada induknya untuk menyusu.
  11. Beberapa saat setelah induk anjing menyusui bayinya biasanya akan segera terjadi kontraksi lagi. Pindahkan bayi anjing ke tempat yang aman selama induknya kontraksi karena akan membahayakan bayi anjing, bisa terinjak dan ketendang induknya.

Jika Anda merasa takut atau tidak mampu melakukan pertolongan pada anjing melahirkan, segera hubungi Dokter Hewan terdekat.

Sumber : dari berbagai sumber

6 thoughts on “Merawat Anak Anjing yang Baru Lahir”

  1. saya punya anak anjing rottweiler umur udah 5 minggu.. tapi sampai sekarang belum bisa melihat. kenapa yah? apa pengaruh krn ga disusui induk nya? krn induknya sama sekali ga punya ASI jadi saya ksh susu bayi aja. mohon info yah.. mksi..

  2. saya punya 2 anak anjing sekitar 1 bulan mix antara mini pom dan mini pincher jantan, merekea suka ngedot di penis sodara nya seperti nete gtu, apa itu wajar ? tolong info nya.. thanks

  3. Biasanya mata anak anjingnya harus sering dijilat induknya supaya matanya bs cepat terbuka.. kalo jarang atau tidak pernah dijilat, proses membuka matanya jadi lbh lama..

  4. Saya punya anjing 3 hari lalu melahirkan 5 ekor ank anjinh tp mati smua dn ini bru prtma kli ny anjing sy mlhirkan, pas ank ny mati smua anjing sy klhtn lemas, gk mw mkn, gk mnum, gk mw gerak dn gk slincah biasany, bauk bdn ny jg nyengat bgt pdhl ud dimandiin, trus muntah”, klw jln kaki ny gemetaran gtu,pas ak lht puting susu ny kyk bengkak gtu
    kshn lht si doggy lemas gtu😔

    Itu knp y? Yg tau ksh tau info ny donk

  5. Sy baru punya anjing yg melahirkan anak pertama 7 ekor, tp dia ga mau deket anaknya n ga keluar asi nya , jd sy kasi susu buat puppy br lahir n pke dot kecil, cuma mrk ga terlalu bnyak minum cm sedikit bnget, kira2 apa lg yg hrs sy kasi buat mrk n bagaimana buat induknya mau dekat sm anaknya lg? Anjing sy jenis lokal , trimakasi buat perhatiannya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *