Mengurangi Kerontokan Bulu Anjing

sheddingBulu anjing merupakan bagian dari tubuh anjing yang sangat sensitif. Jadi memerlukan perhatian dan perawatan yang lebih signifikan. Padahal salah satu keunggulan anjing adalah pada bulunya yang cantik. Kita harus selalu merawat bulu anjing peliharaan kita. Karena kalau tidak anjing dapat terserang kutu anjing dan kurap sehingga anjing kita tidak tampak indah melainkan malah menjijikkan.

  • Semua anjing mengalami kerontokan bulu shedding, meskipun ada anjing yang kerontokan bulunya lebih sedikit dibandingkan jenis yang lain biasa disebut hypoallergenic. Menjaga rumah tetap bersih dari bulu rontok adalah pekerjaan yang tidak ada habisnya bagi pemilik anjing. Dengan mengurangi kerontokan bulu anjing bisa mengurangi jumlah waktu yang harus anda habiskan untuk membersihkan bulu rontok dari anda dan rumah anda. Grooming yang tepat, nutrisi yang sesuai, menghilangkan penyakit yang menjadi pencetus bulu rontok dan mandi sesekali bisa mengurangi kerontokan bulu pada anjing.
  • Kebanyakan anjing yang menikmati disikat, dan sesi akan memperkuat ikatan dengan anjing Anda tetap menjaga mantel sehat. Kebutuhan minimum Sebuah anjing menyikat tergantung pada jenis rambut. Pilih alat yang tepat yang bisa anda pilih seperti Hello PetSelf Cleaning Slicker Brush NHP34 menghilangkan rambut mati dan rusak anjing Anda dengan mudah dan nyaman. Dengan pegangan lembut dan berbentuk menangani memungkinkan Anda untuk merasa nyaman saat menggunakannya. Sikat atau sisir bulu anjing setiap hari. Pilih alat yang sesuai dengan jenis bulu anjing anda.
  • Memberi pola makanan yang seimbang balanced diet kepada anjing anda. Kondisi bulu anjing bisa menjadi indikator kesehatan anjing. Kerontokan bulu bisa dikurangi dengan nutrisi yang tepat. Pilih makanan yang berkualitas dan mengandung nutrisi yang tepat bagi anjing anda.
  • Mandikan anjing anda sekali atau dua kali dalam sebulan. Bilas dan keringkan dengan benar lalu diikuti dengan menyisir bulu dengan Hello Pet Self Cleaning Slicker Brush NHP34. Memandikan anjing anda akan menghilangkan bulu-bulu mati dari tubuhnya sehingga mengurangi jumlah bulu rontok.
  • Periksakan anjing anda untuk mengetahui apakah ada gangguan kesehatan yang meningkatkan kerontokan bulu. Jika kerontokan bulu kelihatan lebih banyak daripada biasanya, anjing sering menggaruk atau bulu rontok hanya di bagian-bagian tertentu, maka periksakan kepada dokter hewan. Alergi, sensitif terhadap makanan tertentu, parasit, dan penyakit tertentu bisa menambah kerontokan bulu. Pengobatan yang tepat terhadap penyakit atau gangguan kesehatan yang menjadi pemicu dapat mengurangi kerontokan bulu anjing.

Lakukan tip ini:

  1. Sisirlah bulu anjing secara rutin, kalau bisa setiap hari lebih baik. Menyisir juga dapat membuat bulu anjing lebih lembut, bersih dan jarang rontok.
  2. Berilah makanan yang tepat berkualitas tinggi dengan sumber protein yang dapat dicerna dengan baik. Bulu anjing merupakan cerminan dari apa yang mereka konsumsi.
  3. Berilah suplemen yang mengandung Fatty Acid, untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu anjing.
  4. Kontrol alergi. Kunjungilah dokter hewan untuk memastikan anjing mendapatkan bantuan untuk alerginya.
  5. Kontrol kutu. Untuk menghindari gatal-gatal dan garukan-garukan yang disebabkan oleh kutu, gunakan obat kutu untuk mencegah kutu menjangkiti anjing.
  6. Mandikan anjing seminggu sekali atau lebih, agar anjing selalu bersih sehingga tidak membuat kulit anjing kering dan meregenerasikan bulu yang lebih sehat. Anjing yang bersih akan memiliki kulit dan bulu yang sehat.
  7. Lakukan pemeriksaan rutin. Banyak sekali penyakit-penyakit yang dapat menginfeksi kulit anjing. Pemeriksaan rutin ke dokter hewan dapat membantu mengidentifikasi masalah lebih cepat dan membantu memberikan perawatan yang efektif.
  8. Gunakan sisir bulu anjing yang tepat. Kebanyakan anjing membutuhkan lebih dari satu jenis sisir untuk membuang bulu yang mati.

Menyisir dan perawatan rutin merupakan bagian penting dari setiap perawatan anjing. Dengan memperhatikan diet hewan anjing, Anda dapat mengurangi jumlah bulu anjing yang rontok.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *