Menghadapi Anjing yang Interaktif

Anjing aktif memang terlihat pintar dan menggemaskan, sehingga menjadi dambaan setiap pemilik anjing untuk memilikinya. Namun akan masalah yang berbeda jika anjing terlalu aktif bahkan cenderung hiperaktif. Karena anjing hiperaktif akan membuat kekacauan. Nah, jika anjing Anda termasuk yang hiperaktif hadapi dengan ini:

  1. Beri hukuman, namun jangan berlebihan. Gunakan hukuman ringan, cukup dengan tekanan kata sampai bentakan. Jika belum berhenti juga, beri pukulan ke arah badannya tapi jangan terlalu keras. Agar anjing mengerti bahwa Anda tidak suka dengan perilakunya. Jika, anjing mematuhi dan mengikuti semua perintah Anda, jangan lupa untuk membalasnya dengan pujian, belaian atau makanan.
  2. Beri media penyaluran energi. Jika energi anjing terlalu banyak, pastikan ia memiliki tempat untuk menyalurkannya. Anda bisa membawanya untuk berjalan-jalan di padang terbuka atau taman di mana dia bisa bermain dengan bebas.
  3. Temani anjing. Pastikan Anda tidak meninggalkan anjing hiperaktif sendirian. Mereka seharusnya tidak ditinggalkan sendirian di rumah maupun di luar karena mereka bisa sangat merusak lingkungan sekitar.
  4. Gunakan aroma terapi yang dikenal dapat menenangkan manusia. Dengan cara yang sama, coba terapkan pada anjing Anda.
  5. Diet juga memainkan peranan penting dalam perilaku anjing. Atur komposisi makanan anjing. Coba hindari gula atau makanan manis lainnya. Ajarkan juga cara mematuhi aturan rumah terutama pada anjing yang masih muda.

Jika semua cara telah di coba namun anjing tetap hiperaktif, bawa ke dokter hewan untuk konsultasi.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *