Menggunting kuku anjing

Kuku merupakan bagian penting dari anjing yang juga harus mendapat perhatian dan perawatan. Kuku yang terlalu panjang tidak akan membantu anjing karena dapat mengganggu dan melukainya. Saat Anda mulai mendengar suara kuku anjing menggarung-garuk lantai kala berjalan, itu tandanya perlu segera menggunting kukunya. Cara menggunting kuku anjing yang benar:

  1. Siapkan peralatan memotong kuku anjing. Gunakan gunting kuku khusus doggie yang biasa dijual di petshop. Biasanya ada dua macam gunting kuku anjing yaitu tipe gulotine dan tipe gunting.
  2. Siapkan reward bisa berupa makanan kesukaannya. Setiap kali anda berhasil menggunting satu buah, berikan pujian dan reward dia dengan makanan, lalu bermainlah sebentar sebelum melanjutkan menggunting lagi.
  3. Lakukan dengan hati-hati karena agak sulit membedakan batasan kuku dan pembulu darah pada kuku anjing yang tumbuh menyatu.
  4. Kuku doggie yang berwarna terang akan lebih mudah digunting dibandingkan kuku yang berwarna gelap karena bagian pembuluh darahnya sulit untuk dilihat. Kuku yang berwarna putih dan bening, pembuluh darah mudah terlihat, sedangkan untuk kuku yang berwarna hitam anda harus meraba dan merasakan agar tidak terjadi pendarahan.
  5. Jangan memotong kuku anjing sampai habis semua kukunya, usahakan sisakan beberapa milimeter agar anjing tidak nyeri dan sakit.
  6. Bila terjadi pendarahan carilah getah pisang atau serbuk kopi dan tekan bagian yang berdarah dengan kapas.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *