Membawa Anjing Baru Pulang Ke Rumah

Anjing yang diinginkan sudah dibeli, saatnya membawanya pulang ke rumah. Jadikan hari pertamanya di rumah baru menjadi saat yang menyenangkan dan sehat. Pastikan Anda telah menyiapkan berbagai kebutuhannya, seperti beberapa hal ini:

  1. Tempat anjing. Berikan dia keranjang/kardus bekas/ kandang untuk tempat dia tidur. Tambahkan alas seperti sprei lama atau handuk sehingga tempatnya menjadi lebih nyaman.
  2. Tempat makan dan minum anjing. Sebaiknya yang berbahan stainless steel yang tidak dapat dikunyah atau tertelan.
  3. Tali kekang dari dengan bahan sesuai ukuran anjing sekaligus tanda pengenal atau dog tag/kalung agar jika hilang mudah dikenali
  4. Siapkan beberapa jenis mainan terutama jenis permainan kunyah. Hal ini penting untuk mengajarinya tidak mengunyah benda/perabot rumah seperti sepatu, pakaian, sofa, dan lainnya. Selain itu untuk menenangkan tumbuh gigi/teething. Pilih mainan yang tahan lama dan bisa dicuci.
  5. Sikat, sisir dan shampoo.
  6. Siapkan makanan yang berkualitas. Jika Anda ingin mengganti ke makanan yang berbeda dari apa yang biasa dimakan anjing sebelumnya, lakukan secara bertahap. Sama halnya saat menyapih anak anjing ke dalam makanan baru. Hal ini dapat mencegah atau mengurangi kesal usus. Beri makan anak anjing 3x/hari dan anjing yang lebih tua 2x/hari.
  7. Diskusikan “peraturan anjing” dengan seluruh anggota keluarga. Pastikan setiap orang memahami peraturan sebelum “anggota baru” tiba.

Perhatikan ini

  1. Begitu sampai ke rumah, keluarkan anjing dan beri dia minum karena anjing cepat haus.
  2. Diamkan dulu dia beri waktu untuk istirahat. Jangan sampai over stimulasi dulu. Jangan kaget juga jika anjing baru Anda diam atau tidur terus, dia sedang mencoba adaptasi di tempat yang baru.
  3. Kenalkan anjing dengan lingkungan rumah, ajak dia berkeliling. Hindari hewan peliharaan lainnya untuk sementara.
  4. Beri perhatian dan kasih sayang. Naluri anjing adalah hewan sosial bukan hewan yang hidup menyendiri. Saat memegangnya, gunakan dua tangan dan dekatkan dengan tubuh anda, agar dia merasa dekat dan aman.
  5. Jika Anjing sudah terlihat nyaman dengan tempat barunya, mulai ajarkan dia untuk BAB dan kencing di tempat semestinya.
  6. Buat janji dengan dokter hewan untuk memastikan kesehatannya.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *