Membangkitkan nafsu makan anjing

loss-appetiteJika menurunnya nafsu makan anjing kesayangan Anda bukan karena hanya gangguan kesehatan, bangkitkan kembali selera makannya dengan beberapa trik berikut ini.

  1. Jangan terlalu sering memberi camilan atau kudapan, karena jika terlalu kenyang dengan kudapan, anjing tidak akan lagi bergairah untuk menyantap makanan pokoknya.
  2. Letakkan makanan sisa dan keranjang sampah di luar jangkauan anjing, sehingga anjing tidak akan mencuri-curi memakannya. Apalagi jika jenis makanannya dapat membahayakan nyawanya.
  3. Tetapkan jadwal makan yang teratur. Anjing akan lebih mudah diberi makan pada waktu yang sama setiap hari.
  4. Saat meletakkan makanan di depannya, beri ia waktu 10 menit untuk makan. Jika dia tidak menyentuhnya, singkirkan mangkuk makan dari hadapannya. Lambat laun, ia akan terbiasa dengan waktu makan yang Anda tetapkan, dan akan mengerti bahwa ia harus makan saat makanan disajikan, jika tidak mau makanan akan dibawa pergi darinya.
  5. Ubah sikap dan pandangan mereka terhadap makanan. Mulailah menyiapkan makanan anjing pada saat yang sama dengan saat Anda memasak makan malam untuk diri Anda sendiri. Buatlah diri Anda terlihat sangat bersemangat, kalau perlu buatlah suara-suara konyol yang akan mencuri perhatian anjing Anda.
  6. Coba mengudap makanan di depan anjing untuk merangsang mereka makan dan membangun rasa lapar alami mereka.
  7. Pastikan area makan bebas gangguan. Jika anjing Anda termasuk rewel, sebaiknya beri makan di tempat yang tenang, bebas dari kebisingan dan gangguan. Hal ini akan sangat membantu, terutama jika anjing cenderung mudah panik. Pastikan tidak ada anak-anak atau anggota keluarga lain di sekitarnya saat ia makan, agar konsentrasi makannya tidak terganggu.

Proses ini membutuhkan waktu, nutuh kesabaran agar bisa membangkitkan kembali nafsu makan anjing kesayangan Anda.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan