Jangan Terlalu Sering Memandikan Anjing

Banyak yang mengira jika anjing sering dimandikan akan terhindar dari penyakit kulit dan bau. Namun ternyata jika anjing sering dimandikan, badannya malah mengeluarkan bau lebih cepat atau menjadi mudah bau, dan terserang penyakit kulit. Apa yang terjadi ?

Kulit anjing mengeluarkan minyak untuk mempertahankan kulit agar elastis dan menjaga bulu supaya kuat dan tidak mudah patah atau rontok. Minyak akan hilang jika kita memandikan anjing kita dengan shampoo. Sifat minyak adalah menahan kotoran sehingga kita harus memandikan anjing kita secara berkala. Tetapi jika kita memandikannya terlalu sering, minyak yang ada pada kulit anjing tersebut akan hilang dan kulit menjadi kering. Kulit yang kering akan menimbulkan rasa gatal, karena gatal tersebut anjing cenderung menggaruknya. Akibat dari garukan tersebut akan menimbulkan luka dimana parasit dan bakteri akan bersarang. Hal tersebut dapat menyebabkan penyakit kulit yang menimbulkan bau tidak sedap. Selain itu minyak juga berfungsi menangkal bakteri dan parasit sehingga anjing tidak mudah terserang penyakit.

Mengeringkan Bulu Sesudah Mandi. Anjing yang berbulu tebal, sebaiknya jangan hanya dikeringkan di bawah terik matahari atau mengeringkan bulu bagian luar saja, karena bisa menyebabkan anjing terkena heat stroke. Bulu dalam yang tidak kering akan menjadi lembab hingga menyebabkan bau yang tidak enak dan memudahkan bakteri atau parasit berkembang biak sehingga anjing terserang penyakit kulit. Mengeringkan bulu anjing yang benar adalah menggunakan blower khusus yang dirancang untuk anjing atau lap karpet/kanebo. Setelah itu letakkan anjing di tempat yang dialiri angin atau dapat menggunakan kipas angin tetapi jangan terkena sinar matahari. Setelah bulu anjing kering 100%, taburi bedak bayi atau bedak khusus untuk anjing yang tidak mengandung formula anti kutu. Setelah ditaburi dengan bedak, sisir dan sikat bulu anjing agar sisa bedak hilang.

Berapa sering anjing dimandikan tergantung dari jenis bulu dan lingkungan anjing. Anjing yang berbulu pendek seperti Dachshund (Tekel), Miniature Pincher, Boxer, Chihuahua smooth coat, dan sejenisnya jika dipelihara di luar rumah sebaiknya dimandikan satu bulan sekali dan jika dipelihara di dalam rumah dimandikan tiga bulan sekali. Jika anjing sudah bau sebelum jadwal mandinya tiba, mandikan dengan cara kering, gunakan bedak bayi atau bedak khusus anjing . Taburkan bedak di seluruh permukaan kulit anjing setelah itu sisir dan sikat bulu agar bedak dan kotoran dapat terangkat. Lakukan mandi kering secara berkala dan teratur, misalnya tiga hari sekali supaya anjing tetap bersih dan harum.

Sumber : dari berbagai sumber

One thought on “Jangan Terlalu Sering Memandikan Anjing”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *