Grooming Sendiri Anjing Papillon

Saat meng-grooming Papillon, pastikan ia dalam keadan relax sehingga tenang selama dalam perawatan. Meskipun memiliki bulu yang banyak dan megar, peralatan yang dibutuhkan dalam mengrooming Papillon lebih sedikit di banding Anjing Trah lain. Siapkan:

  1. Meja grooming
  2. Sisir bergigi sedang yang terbuat dari stainless steel.
  3. Gunting kuku.
  4. Bubuk styptic untuk menghentikan jika terjadi pendarahan.
  5. Botol spray yang memberikan percikan yang bagus
  6. Sikat gigi yang lembut dan pasta gigi khusuh untuk anjing.
  7. Shampo dan conditioner yang sesuai.
  8. Gunting berujung tumpul untuk hidung.

Langkah meng-grooming papillon:

  1. Untuk mengenalkan Papillon bahwa Andalah yang akan mengroomingnya, letakan ia di meja grooming dimana anda dapat berinteraksi dan menenangkannya.
  2. Belailah kepala dan telinganya serta peluk ia dengan lembut sampai Anda merasakannya sudah tenang dan mulai mempercayai Anda.
  3. Ketika Anda merasa ia mulai tenang, periksalah giginya, kukunya, dan gengam daun telinganya diantara jari-jari Anda, agar ia terbiasa dengan Anda untuk membersihkan telinganya, memandikan, dan mengrooming juga mendandaninya agar nampak menarik.
  4. Setelah semua aktifitas selesai, berikan sepotong daging sebagai imbalan atas kelakuannya yang baik dan manis selama proses grooming.
  5. Ulangi rutinitas grooming ini setiap hari selama 2 minggu. Selalu jadikan moment grooming menjadi pengalaman yang menyenangkan baginya. Ketika ia merasa rutinitas tersebut sebagai sesuatu yang wajib, Anda dapat menggurangi frekuensinya secara bertahap.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *