Cokelat Bisa Meracuni Anjing

Tahukah Anda bahwa cokelat bisa menjadi racun bagi anjing kesayangan Anda, bahkan bisa membunuhnya. Ini penyebabnya:

  1. Selain tinggi lemak konten coklat juga mengandung kafein yang mempengaruhi sistem saraf pusat dan otot jantung, serta meningkatkan frekuensi buang air besar atau memicu diare.
  2. Theobromine dalam coklat, berbahaya bagi anjing. Karena metabolisme tubuh anjing tidak dapat mencerna kandungan kimia ini secara efektif. Namun, satu potong kecil cokelat tidak akan menyebabkan kerusakan apa pun yang signifikan, kecuali jika anjing memakan sejumlah besar coklat. Jika Anda dapat menemukan coklat tanpa kandungan zat tersebut, cokelat tersebut aman untuk diberikan pada anjing.
  3. Coklat dapat membunuh anjing karena menyebabkan serangan atau timbulnya koma. Bila anjing diberi makan cokelat maka kandungan teobromin akan tetap berada dalam aliran darah mereka hingga 20 jam, hal ini bisa mengakibatkan epilepsi, kejang-kejang, serangan jantung, pendarahan internal, dan pada akhirnya menyebabkan kematian.
  4. Jumlah coklat yang dibutuhkan untuk meracuni anjing tergantung pada jenis coklat dan ukuran, umur dan kesehatan anjing.

Gejala anjing keracunan cokelat

  1. Anjing tampak seperti menangis, muntah-muntah dan diare. Namun, anjing tidak akan mati dengan gejala yang timbul tadi, karena ini hanyalah tanda-tanda awal.
  2. Jantung anjing akan berdenyut lebih cepat dan kencang, biasanya terjadi saat setelah anjing mengalami muntah dan diare. Kejadian ini sangat ditakutkan terjadi pada anjing, karena theobromine lebih memiliki kesempatan untuk dapat diserap ke dalam aliran darah.
  3. Adanya peningkatan frekuensi kencing. Karena sistem tubuh berupaya untuk mengeluarkan zat berbahaya dari tubuh.
  4. Kekejangan otot dan kegelisahan yang berlebihan.

Untuk menangani anjing yang keracunan coklet dengan merangsang anjing agar memuntahkan cokelat dan secepat mungkin membawa mereka ke dokter hewan.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *