Atasi Masalah Organ, Penyebab Bau Napas

Selain masalah mulut, bau nafas tak sedap pada anjing juga dapat disebabkan karena adanya penyakit lain yang bukan berasal dari mulut tetapi berasal dari organ tubuh yang bermasalah seperti infeksi tenggorokan, kanker kerongkongan, sinusitis, infeksi paru atau bronkhitis kronis, radang ginjal, Diabetes Mellitus, penyumbatan usus, gangguan lambung, dan lain sebagainya.

Penyakit penyebab bau nafas tak sedap yang umum dijumpai adalah karena masalah pada pencernaan. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan flora dalam pencernaan dan kurangnya asupan serat dalam makanan yang artinya pola makan tidak seimbang. Anjing mengalami kesulitan untuk buang air besar. Kalau pada manusia, sering disebut dengan panas dalam sehingga mengeluarkan bau nafas tak sedap. Pemberian makanan berprotein tinggi juga dapat menyebabkan masalah ini.

Pencegahan dan pengobatan

  1. Jika bau nafas tak sedap diakibatkan oleh masalah pada pencernaan, coba berikan probiotik (bakteri menguntungkan) secara rutin setiap hari. Probiotik bisa ditemukan dalam bentuk yoghurt. Yoghurt sangat baik untuk menjaga keseimbangan flora dalam usus sehingga pertumbuhan jamur dan bakteri tidak menguntungkan dalam usus dapat dicegah.
  2. Berikan buah-buahan atau sayur-sayuran yang berserat seperti pepaya, apel, wortel, daun seledri, bayam, dan lain sebagainya agar anjing dapat buang air besar dengan lancar sehingga pencernaan menjadi bersih dan pastinya anjing tidak mengeluarkan bau nafas tak sedap.
  3. Jika hal diatas ini tidak menghentikan bau nafas tak sedap maka sebaiknya bawa anjing ke dokter hewan untuk diperiksa lebih lanjut karena ada kemungkinan anjing menderita penyakit lainnya seperti diabetes, radang usus, infeksi tenggorokan, infeksi paru-paru, sirosis (pengerasan hati), dan lain sebagainya.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *