Melatih Anjing Tertib Buang Air

Problem pertama yang sering dialami oleh par apemiliki anjing adalah masalah buang air kecil dan buang air besar. Karena banyak anjing yang secara sembarangan buang air di dalam rumah. Memang ada anak anjing yang sudah bisa buang air kecil dan buang air besar pada tempatnya. Namun, jika anjing kesayangan Anda termasuk yang buang air sembarangan, Anda tharus melatihnya sejak dini. Agar anjing Anda memiliki kebiasaan buang air pada tempat yang semestinya.

  • Semakin awal Anda melatih jadwal kencing dan buang air besar anjing, semakin cepat mereka menguasai disiplin ini. Anak anjing berumur antara 7-8 minggu umumnya mampu mengontrol jadwal buang air mereka setelah dilatih hanya beberapa hari.
  • Anjing butuh buang air biasnya pada saat bangun tidur, setelah makan atau minum, saat ceria meloncat/berlari kesana-kemari dan setelah banyak bermain/bergurau.
  • Selama 7-10 minggu pertama, kurunglah anjing Anda, tapi jangan meninggalkannya lebih dari 1 jam setelah selesai makan, buang air kecil/besar. Sebagai ganti kurungan, kunci anjing dalam ruangan yang bisa dikunci seperti dapur, gudang, dsb. Bila memang Anda harus meninggalkannya untuk waktu lama, letakkan beberapa lembar koran bekas agar ia bisa buang air bila ia terpaksa harus buang air.
  • Selama 7-10 minggu pertama, kurunglah anjing Anda, tapi jangan meninggalkannya lebih dari 1 jam setelah selesai makan, buang air kecil/besar. Sebagai ganti kurungan, kunci anjing dalam ruangan yang bisa dikunci seperti dapur, gudang, dsb. Bila memang Anda harus meninggalkannya untuk waktu lama, letakkan beberapa lembar koran bekas agar ia bisa buang air bila ia terpaksa harus buang air.
  • Jadwal latihan terbaik adalah pagi hari ketika bangun tidur, setiap selang 2 -3 jam sepanjang hari, setelah tidur siang atau setelah bermain-main dan setengah jam setelah makan dan minum. Sebelum mulai beraktifitas pada pagi hari, sebaiknya bawa anjing keluar rumah.
  • Bawa anjing ke luar rumah setelah ia makan. Tunggu hinga 30 menit. Waktu menunggu anjing buang hajat bisa dikurangi seiring bertambahnya usia anjing.
  • Tentukan tempat yang tepat di halaman untuk kotoran anjing Anda. Jangan berubah-ubah tempat karena aroma kencing/kotoran anjing itu akan membantu mereka mengingat kegiatan rutin mereka dititik itu.
  • Berdirilah diam-diam di sebelahnya tanpa melakukan gerakan apapun. Bersabarlah bila anjing sepertinya tidak berniat melakukan apa-apa untuk waktu lama. Anak anjing jantan biasaya butuh waktu lebih lama untuk kencing dibanding betina. Jangan duduk atau jongkok karena itu akan mendorongnya untuk meloncat pada pangkuan Anda untuk bermain-main. Saat anda berdiam diri, anjing anda akan merasa bosan dan secara alami mereka akan ingat tujuan anda mengajaknya kesitu.
  • Bila anjing akhirnya buang kotoran, bereaksilah dengan menepuk/mengelus kepalanya sebagai pujian, kemudian ajak dia pergi ketempat lain atau ajak dia bermain-main sebagai hadiah. Jangan menghukumnya dengan cambuk atau pukulan bila ia gagal buang air. Seperti anak kecil, mereka juga burung waktu untuk belajar.
  • Jika di dalam rumah anjing terlihat berputar-putar sambil melakukan gerakan sepeti menggali tanah, segera bawa ia ke luar rumah. Karena hal tersebut menandakan anjing akan buang air.
  • Anjing sebaiknya tidak ditinggal sendirian apalagi dalam ruang tertutup hingga berusia sekitar 1 tahun. Anjing bisa ditinggalkan di halaman rumah, namun jangan lupa berikan mainan. Ingat, jangan terlalu lama meninggalkannya sendirian.
  • Beri anjing makan sekitar 1-2 jam sebelum ia tidur.
  • Jika anjing buang hajat di dalam rumah, bersihkan segera dengan alat-alat pembersih lantai yang bisa menghilangkan bau kotoran anjing.

Sumber : dari berbagai sumber

12 thoughts on “Melatih Anjing Tertib Buang Air”

  1. Kalo jam tidur anjing nya terbaik diapain yaa..jadi malem dia aktif banget,siang tidur. Jaga bisa tidur ist jg malem.makasih

  2. klo suka gigit berarti blom kenal. biarkan anjing kenal ama regina. ajak komunikasi atau perhatian gampangnya hehe… ( klo kita bicara pake bahasa anjing juga blom ada google translatenya V_V ) . supaya emosionalnya terjalin. klo anjing uda ga ngeri / ga asing ama kita. nantinya akan mengendus undus kita. biarkan dia ngendus. sampe kenal BB ( bau badan ) kita hehehe..

    klo anjing dah kenal biasanya uda ga gigit, malah pengen di elus2. gitu kisah pengalaman saya dengan anjing. salam kenal semuanya.

  3. anjing menggongong ketika dikurung, mungkin sedang sedih / stress. belum biasa di kurung. masih proses adaptasi. makin disuruh diam makin kesal kita hehehe.. beri perhatian aja dengan doggy, klo udah sreg dengan kita. anjing itu setia dan ikut merasakan emosional kita. admin ^_^ komen saya di moderasi ya oke oke. thanks.

  4. Saya dikasih anakan usia 3 bulan, tapi sama sekali ga tau cara merawat anak anjing (kalo kucing sih tau). Dia sempet kena virus dan sdh saya rawat, tp jadi susah di latih untuk buang air. Pup & buang air kecil dimana-mana, gimana yaa?

  5. Saya sudah merasakan anjing yg gelisah da susah tidur. Download saja cd lagu relaxmydog. Banyak pilohan. Atau setel di youtube. Maknyos…

  6. Saya rencana mw pelihara anjing (puppy) jenis golder ret.. tp saya kerja dr pagi sampe sore… dan saya tinggal sendiri.. apakah bisa ya seperti itu? Krna siang tidak memungkinkan utk pulang..
    Apkh ada solusi?? Supaya puppy tsb tumbuh scra nornal dan bersahabat dgn saya??
    Krna sya tinggal sndiri..
    Trimakasih

  7. Anjing sy poodle hampir 4bln
    Dia sll di dalam rumah dan dr kecil sy ajarin utk buang air bsr dan kecil di kamar mandi dan dia itu berhasil tp kadang seminggu sekali dia tdk poo di kamarmandi dan beberapa hari ini semakin memburuk dia buang air di sembarang tempat dlm rumah. Sy udah marahin dia dgn tegas tanpa pukul dan suruh dia cium poony tp dia fikir itu bercanda. Tetep tdk berhasil dan sy marahin dgn pukul pantatnya pakai kertas dan hukum dia sy taruh diatas meja yg dia gabisa turun. Pertanyaan saya apa yg harus sy lakukan ya? Bagaimana cara scold anjing yg benar? Terimakasih

  8. Anjing ak umur 5bulan shitzu kl pipis dia selalu pd tempatnya gk prnh sembarangan tp kalau pup sangat bandel selalu di ruang tamu trs dan pup nya dimakanin dan dibuat mainan trs.sudah 3bukan saya mendidik dia tp mslh pup msh juga blm bisa disiplin 😢 Tolong ksh solusinya .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *