Melatih Anjing Memberi Salam

Kedatangan orang atau tamu biasanya akan memancing anjing untuk menggonggong dan melompat. Ada trik sendiri untuk mengajari anjing bisa memberi salam dengan lebih baik, coba praktekkan beberapa cara berikut:

  • Pertama ajarkan “Sit dan Lie Down” atau duduk dan tidur. Lalu perintahkan dia untuk bersikap sepeti itu saat berjalan-jalan atau berada di taman anjing. Beri hadiah dengan makanan, pujian dan belaian.
  • Kemudian, ajari anjing untuk sikap “Down-stay.” Beri hadiah dengan makanan di lantai di antara cakar anjing. Awalnya beri hadiah dan lepaskan anjing setelah latihan “Down-stay” selama beberapa menit. Ketika anjing diam selama semenit atau lebih, lanjutkan pada langkah berikutnya.
  • Buat anjing bersikap “Down-stay” di dekat pintu. Ketuk pintu dari dalam. Kebanyakan anjing berpikir ada tamu dan menjadi senang. Jika anjing bersikap tenang, lalu ulangi lagi. Jika memiliki bel pintu, mulailah dengan mengetuk, seperti yang biasa dilakukan oleh beberapa tamu, di samping itu Anda tidak dapat keluar untuk membunyikan bel sampai anjing melewati langkah berikutnya.
  • Ketika anjing melakukan “Down-stay” saat Anda mengetuk pintu, mulailah membuka pintu. Pertama, sentuh kenop pintu, dan beri hadiah anjing karena dia tetap diam. Perlahan-lahan, buka seluruh pintu.
  • Sekarang tambahkan tamu. Anggota keluarga dapat menjadi tamu yang baik, karena dapat mengulang prosesnya untuk keperluan latihan. Minta keluarga untuk berdiri di luar, ketuk atau bunyikan bel, dan tunggu.
  • Buka pintu dengan anjing bersikap “Down-stay.” Jika dia bangun sebelum teman Anda masuk, tutup pintunya dan ulangi dari awal. Jika dia bangun setelah teman Anda masuk, mintalah pada teman Anda untuk keluar dan ulangi lagi.
  • Jika Anda diam ketika tamu masuk, beri hadiah makanan dan pujian. Jabat tangan tamu Anda atau berpelukan, dan beri hadiah pada anjing Anda lagi. Berbincanglah dan tertawalah dengan tamu Anda, lalu beri hadiah lagi.
  • Hadiah terakhir untuk anjing Anda adalah saat dia memberi salam pada tamu Anda. Biarkan dia duduk untuk ini. Ajarkan dan latih gerakan “Sit-stay” tanpa tamu pada awalnya, lalu tambahkan seseorang ketika anjing Anda telah siap

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *