Melatih Anjing Berguling

Beberapa jenis anjing bisa belajar berguling dengan cepat dan mudah, namun beberapa anjing perlu latihan ekstra. Melatih anjing berguling memang gampang-gampang susah. Tergantung metode apa yang Anda gunakan untuk melatihnya. Semoga tips ini bisa membantu:

Metode perhatian

  1. Perintahkan anjing berbaring pada sisi tubuhnya. Anda bisa gunakan perintah ’dead, Dog!’ atau anjing berpura-pura mati agar ia segera berbaring.
  2. Genggam kedua kakinya dengan kedua tangan Anda. Genggamlah kaki depan dan kaki belakang yang berada dekat dengan lantai. Genggam dengan kuat namun tidak menyakitkan.
  3. Gulingkan badan anjing ke arah sebaliknya untuk mencontohkan cara berguling. Lakukan ini hingga anjing Anda mengerti.
  4. Berikan pujian saat anjing berhasil menggulingkan badannya. Anjing yang menyukai perhatian sangat suka dipuji dan akan mudah mempelajari perintah yang diberikan.
  5. Gunakan perintah ’guling’ sebagai tanda anjing berguling. Atau gunakan isyarat tangan untuk anjing ia berguling, misalnya sambil berkata ’guling’ Anda memutar pergelangan tangan.

Metode umpan makanan

  1. Perintahkan anjing untuk berbaring pada satu sisi tubuhnya.
  2. Berikan makanan kesukaannya sebagai umpan di depan hidung anjing. Ketika anjing menunjukkan perhatian, gerakkan makanan tersebut ke arah yang Anda inginkan.
  3. Sebelum anjing mulai berdiri untuk mengejar makanannya, gerakkan makanan ke arah sebaliknya dari posisi anjing berbaring. Jika ia berbaring di sisi kanan, maka pancing ia berguling ke kiri dengan makanan.
  4. Jika ia berhasil berguling dengan baik, berikan makanan sebagai hadiah. Namun, jika ia gagal jangan memarahinya dan jangan berikan makanan tadi.
  5. Pancing terus anjing hingga ia mengerti bahwa jika ia berguling, maka ia akan mendapat upah makanan.

Untuk melatih anjing berguling, Anda harus memilih lokasi yang nyaman, lapang dan sedikit gangguan, seperti tempat yang berumput atau ruang berkarpet yang cukup luas.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *