Membersihkan Kandang Anjing

Kandang anjing harus selalu Anda jaga kebersihannya. Karena kandang anjing yang kotor bisa menjadi sumber kuman penyakit.Selain itu, kotoran anjing, urin, debu, dan kotoran-kotoran lain akan membuat kandang anjing mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Bersihkan secara rutin, kandang anjing minimal 2 kali dalam sebulan. Jika musim hujan, sebaiknya bersihkan kandang lebih sering. Kelembaban dapat mengundang jamur.

  1. Sediakan kantong plastik untuk membuang kotoran-kotoran anjing.
  2. Gunakan sarung tangan karet untuk melindungi diri Anda dari kotoran yang mungkin tertinggal di kuku.
  3. Buang semua tumpukan kotoran anjing yang mungkin Anda temukan di dalam kandang.
  4. Sapu kandang anjing dengan menggunakan sapu kecil atau sikat. Jika kandang anjing berbentuk seperti rumah, maka pindahkan bagian atapnya untuk memudahkan Anda membersihkan bagian dalam rumah anjing.
  5. Isi satu ember air dengan campuran sabun atau disinfektan kandang anjing. Bersihkan bagian lantai dan dinding jika kandang berbentuk rumah menggunakan spons basah.
  6. Bilas seluruh bagian kandang anjing dengan air bersih. Pastikan seluruh sisa sabun telah bersih.
  7. Keringkan kandang anjing dengan cara dijemur atau gunakan lap kering untuk mengeringkan sisa air.
  8. Jika terdapat selimut atau bantal dan tempat tidur anjing, maka pastikan untuk mencuci dan membersihkan barang-barang tersebut saat membersihkan kandang anjing.
  9. Sebaiknya bilas kandang anjing dengan menggunakan semprotan air selang yang cukup kuat, tidak hanya menggunakan air yang mengalir.
  10. Jangan lupa untuk menyemprotkan kandang anjing yang sudah bersih dengan disinfektan.
  11. Belilah sabun khusus untuk membersihkan kandang anjing di pet store terdekat, tanyakan pula jenis disinfektan kandang anjing yang bagus untuk membersihkan jamur dan bakteri yang mungkin menempel. Ada juga jenis sabun yang telah dilengkapi disinfektan.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *