Jenis Kandang Anjing

dog-houseAnjing membutuhkan kandang untuk tempat berteduh, tidur dan berlindung. Untuk itu, sebaiknya kandang dibuat sesuai ukuran anjing, jangan terlalu kecil atau terlalu besar. Dan usahakan kandang yang dibuat memberikan kenyamanan bagi anjing, sehingga dia suka menempatinya.

Dari jenis bangunannya, kandang anjing terbagi: Permanen dan Tidak Permanen.

Kandang Anjing Permanen

Kandang anjing di buat mengunakan pagar atau teralis besi dan biasanya diletakkan di sudut-sudut halaman rumah. Untuk pembuatan kandang ini, sebaiknya dipikirkan betul-betul sesuai kebutuhan anjing, karena apabila salah membuat akan sulit jika harus membongkarnya lagi. Perhatikan lokasi, sebaiknya kandang memiliki atap untuk anjing berteduh. Selain itu sebaiknya lokasinya terpapar sinar matahari pagi agar si anjing dapat bejemur dan kandang pun tidak menjadi lembab. Lantai pada kandang pun sebaik nya di buat miring agar dapat mengalirkan air, sehingga tidak membuat genangan air dan lantai pun di buat kasar.

Kandang Anjing Tidak Permanen

Merupakan kandang yang banyak di jual di petshop. Umumnya terbuat dari besi ataupun alumunium. Kelebihan kandang ini adalah praktis, simpel, tetapi kekurangannya yaitu minimnya ruang gerak. Sebaiknya pilih kandang yang berbahan kuat dan sesuaikan dengan ukuran anjing. Perhatikan jeruji bawah kandang, jangan sampai celah nya lebih besar dari pada telapak kaki anjing nya. Untuk kandang anjing berbahan kayu sangat tidak direkomendasikan, karena kayu menyerap air, sehingga kandang akan menjadi lembab, mengundang kutu dan penyakit-penyakit kulit lainnya.

Sumber : dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan